Menara Ilmu
Vol 11, No 75 (2017): Vol. XI Jilid 1 No. 75, April 2017

PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Septiana, M.Pd, Vini Wela (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2017

Abstract

Berdasarkan pengamatan dan pengamatan penulis sebagai peneliti di SD Negeri 44 Kalumbuk Padang, terlihat rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas VI sehingga membuat siswa bekesulitan dalam memahami teks bacaan. standar ketuntasan dalam pembelajaran yang diinginkan belum tercapai.Hal ini disebabkan karena pembelajaran  masih dilaksanakan secara konvensional yaitu berpusat pada guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan  pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan CTL dapat dilihat pada siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata 55,5 dan pada pertemuan 2 diperoleh nilai 77,5. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil rata-rata nilai siswa yaitu 97,8. Dengan kesimpulan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Kata kunci : Meningkatkan, Kemampuan, Membaca Pemahaman

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...