Berdasarkan pengamatan dan pengamatan penulis sebagai peneliti di SD Negeri 44 Kalumbuk Padang, terlihat rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas VI sehingga membuat siswa bekesulitan dalam memahami teks bacaan. standar ketuntasan dalam pembelajaran yang diinginkan belum tercapai.Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih dilaksanakan secara konvensional yaitu berpusat pada guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan CTL dapat dilihat pada siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata 55,5 dan pada pertemuan 2 diperoleh nilai 77,5. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil rata-rata nilai siswa yaitu 97,8. Dengan kesimpulan bahwa pendekatan CTL dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Kata kunci : Meningkatkan, Kemampuan, Membaca Pemahaman
Copyrights © 2017