Menara Ilmu
Vol 13, No 1 (2019): Vol. XIII No. 1 Januari 2019

KUALITAS LAYANAN, KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN PADA RUMAH SAKIT SWASTA DI KOTA PADANG : BERPIKIR KE MASA DEPAN

Nofri Yendra, Haryeni, (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh dimensi kualitas pelayananAssurance terhadap Kepuasan Pasien pada rumah sakit swasta di Kota Padang, 2) Pengaruhdimensi kualitas pelayananEmphaty terhadap Kepuasan Pasien pada rumah sakit swasta di KotaPadang,3) Pengaruh dimensi kualitas pelayanan Reliableterhadap Kepuasan Pasien pada rumahsakit swasta di Kota Padang. 4) Pengaruh dimensi kualitas pelayanan Responsiveness terhadapKepuasan pasien pada rumah sakit swasta di Kota Padang, 5) Pengaruh dimensi kualitaspelayanan Tangible terhadap Kepuasan pasien pada rumah sakit swasta di Kota Padang, 6)Pengaruh Kepuasan pasien berpengaruh terhadap Loyalitas pasien pada rumah sakit swasta diKota Padang.Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang sudah lebih dari dua kali menjalaniperawatan pada tiga rumah sakit swasta yang ada dikota Padang terdiri dari RS Yos Sudarso, RSSemen Padang, dan RS BMC. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknikconvenience sampling yaitu siapa pasien Rumah Sakit Swasta yang kebetulan bertemu peneliti,sedangkan setiap pengambilan sampel dilakukan secara acak. Jumlah sampel penelitian ini adalahsebanyak 150 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesispenelitian ini dengan pemanfaatan program Partial Least Square. Berdasarkan hasil penelitianmengenai Kualitas Layanan, Kepuasan dan Loyalitas Pasien Pada Rumah Sakit Swasta Di KotaPadang, makadiperoleh hasil yang dirangkum sebagai berikut :Assurance tidakberpengaruhsignifikan terhadap Kepuasan Pasien, Emphaty tidakberpengaruh signifikan terhadap LoyalitasPasien, Reliable tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pasien, Responsiveness tidakberpengaruh signifikanterhadap Kepuasan pasien, Tangible berpengaruh signifikanterhadapKepuasan pasien, Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas pasien.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...