Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kesulitan menuangkan ide, berimajinasi sertamerangkai kata-kata membuat puisi. Penelitian ini bertujuan menggambarkan tahapprapenulisan, penulisan serta pascapenulisan pada pembelajaran menulis puisi denganmenggunakan pendekatan lingkungan serta dapat menunjang kemampuan siswa dalammenulis puisi. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yangdilaksanakan 2 siklus. Subjek peneliti terdiri atas siswa kelas V dengan jumlah 36orang.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 aspek, pertamaobservasi dengan menyiapkan lembar observasi yang dilihat dari aspek guru dan siswayang berisikan butir-butir yang akan dinilai dalam pembelajaran, kedua wawancaradiberikan kepada guru dan siswa yang berisikan bagaimana pendapat guru dan siswatentang penerapan pembelajaran menulis narasi dengan menggunakan pendekatanlingkungan, ketiga tes yang merupakan penilaian terhadap siswa dalam menulis puisi.Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasilpenelitian mencerminkan pendekatan lingkungan dapat memotivasi, melatih berimajinasi,menuangkan ide peserta didik dalam menulis puisi. Hasil menulis puisi siswa pada siklus Ipada tahap prapenulisan yaitu dengan rata-rata 79%, tahap penulisan dengan rata-rata70,63%, kemudian tahap pascapenulisan dengan rata-rata 94%. Dapat dibandingkanpada siklus II yaitu pada tahap prapenulisan dengan rata-rata 95,2%, tahap penulisandengan rata-rata 95,6% kemudian tahap pascapenulisan dengan rata-rata 97%.Penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pendekatan lingkungan dapatmeningkatan pembelajaran menulis puisi siswa.Kata Kunci: Menulis puisi, tahap-tahap menulis, pendekatan lingkungan, PTK
Copyrights © 2019