Pendidikan kesehatan merupakan proses untuk meningkatkan kemampuan individual dan masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kesehatannya. Pada saat ini pendidikan pada anak tunagrahita memang sudah mendapatkan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya, namun untuk pelayanan dan pendidikan peningkatan pengetahuan mereka tentang seksualitas masih belum mendapatkan perhatian secara khusus , banyaknya masalah yang dihadapi anak berkebutuhan khusus/anak tunagrahita pada saat mengalami perubahan perkembangan fisik yang sehingga diperlukan informasi . tujuan penelitian untuk mengetahui upaya peninggkatan pengetahuan melalui pendidikan kesehatan tentang perilaku seksual pada anak tunagrahita di Panti Sosial Bina Grahita Harapan Ibu Padang Tahun 2017. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Eksperiment dengan rancangan rangkaian waktu (Times SeriesDesain ) dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang. Waktu pemberian penegetahuan dan pengamatan dilakukan pada bulan Oktober 2017. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata tinggkat pengetahuan anak tunagrahita sebelum dilakukan upaya peningkatan pengetahuan ( 85% ) yang pengetahuannya rendah sedangkan rata-rata tinggkat pengatahuan sesudah dilakukan upaya peningkatan pengetahuan ( 95% ). Dari hasil analisa data disimpulkan bahwa upaya peningkatan pengetahuan melalui pendidikan kesehatan tentang seksual pada anak tunagrahita di panti sosial bina grahita harapan ibu Padang tahun 2017 dengan p value 0,000 ( p< 0,05). Disarankan kepada pihak panti sosial bina grahita harapan ibu padang tahun untuk memberikan informasi kesehatan tentang kesehatan seksualitas guna untuk membantu adik-adik dalam menghadapi perubahan yang terjadi pada dirinya saat memasuki masa remaja. Kata kunci :Pendidikan Kesehatan, Perilaku Seksual , Anak Tunagrahita
Copyrights © 2017