Jurnal Administrasi dan Manajemen
Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Administrasi dan Manajemen

PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DETERJEN RINSO PADA IBU RUMAH TANGGA KELURAHAN CIPAYUNG JAKARTA TIMUR

Emerensiana Barek (Universitas Respati Indonesia)
Sakti Brata Ismaya (Universitas Respati Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2016

Abstract

Persaingan yang ada dalam era globalisasi semakin mengarahkan sistem perekonomian Indonesia ke mekanisme pasar yang memposisikan pemasar untuk selalu mengembangkan dan merebut pangsa pasar, sehingga kegiatan pemasar harus dilakukan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian deterjen rinso diukur dengan pengaruh variabel ekuitas merek dan keputusan pembelian. Metode penelitian kuantitatif, rancangan survei, 60 responden, Purposive Sampling. Analisis deskriptif (A aker), analitik dengan regresi linier dan uji Z. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Ekuitas Merek (X) memiliki pengaruh yang kuat terhadap Keputusan Pembelian (Y). Kedua variabel tersebut mempunyai hubungan korelasi yang positif, hal Ini  dapat dilihat pada hasil analisis korelasi dengan nilai r = 0,61, dan  berdasarkan perhitungan nilai koefisien determinasi didapat 37,21% artinya Keputusan pembelian adalah sebesar 37,21% sisanya 62,79% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini, berdasarkan uji hipotesis diketahui Zhitung= 4685Ztabel= 2,001 artinya ada hubungan yang signitifikan antara Ekuitas Merek (X) dengan Keputusan Pembeliaan (Y) artinya jika Ho diterima Ha ditolak. Kesimpulan ada hubungan antara Ekuitas Merek dengan Keputusan Pembelian deterjen rinso di Kelurahan dan kecamatan Cipayung didukung perhitungan koefisien determinasi dan uji hipotesis, maka ada hubungan signifikan antara Ekuitas Merek dengan Keputusan Pembelian. Saran Sebaiknya produsen Rinso mempertahankan dan meningkatkan kualitasnya melalui masukan dari konsumen. Dan tetap mempertahankan ulang setiap kebijakan operasional maupun pemasaran yang dapat memberikan keyakinan kepada konsumen bahwa produk ini adalah yang terbaik. Kata Kunci             : Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

administrasimanajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Administrasi dan Manajemen (JAM) dengan e-ISSN : 2623-1719 dan p-ISSN : 1693-6876 Published by Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Administrasi dan Manajemen is published twice every year, in June and ...