Ruhama : Islamic Education Journal
Vol 1, No 1 (2019): Vol. I No. I Mei 2019

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENGELOLA PENILAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK BERBASIS MICROSOFT EXCEL DI MIN 3 KOTA PADANG

rudiwan, alpi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2019

Abstract

Abstrak: Kurikulum, pembelajaran, dan penilaian merupakan komponen penting dalam kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain. Untuk menjalankannya guru dituntut memiliki kompetensi professional, salah satunya memiliki kemampuan dalam mengelola penilaian hasil belajar, berupa penilaian terhadap sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan. Guru kesulitan dalam menyusun perencanaan, mendokumentasikan pengolahan, dan program tindak lanjut dari penilaian hasil belajar peserta didik. Maka digunakan penilaian berbasis microsoft excel. Akan tetapi, tidak semua guru mahir melakukannya. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang efektif, yaitu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model kooperatif tipe jigsaw dalam menyusun rencana penilaian, mendokumentasikan pengolahan penilaian, dan mendokumentasikan program tindak lanjut penilaian hasil belajar berbasis microsoft excel di MIN 3 Kota Padang. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan sekolah dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari observasi dan catatan harian. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dimulai dari reduksi, mendeskripsikan dan menyimpulkan data. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik uji paired sample t-tes. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kompetensi guru dalam mengelola penilaian setelah digunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Persentase guru mahir pada siklus I sebanyak 61,54% dalam menyusun perencanaan, 76,93% dalam mendokumentasikan pengolahan, dan 79,49% dalam mendokumentasikan program tindak lanjut penilaian hasil belajar. Guru yang belum mahir pada siklus I diberikan tindakan pada siklus II, diperoleh 53,34% guru mahir dalam menyusun perencanaan, 55,56% guru mahir dalam mendokumentasikan pengolahan, dan 62,50% guru mahir dalam mendokumentasikan program tindak lanjut.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ruhama

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Ruhama : Islamic Education Journal PROGRAM PASCASARJANA UMSB, ISSN : 2615-2304, ESSN :2654-8437 merupakan jurnal penelitian dan kajian ilmiah yang diterbitkan Program Pascasarjana ...