Koneksi
Vol 2, No 1 (2018): Koneksi

Studi Komparatif Perbedaan Perilaku Bullying di Sekolah dengan Tindakan Cyberbullying di Facebook (Studi Kasus: Pelajar SMA SWASTA, Jakarta Pusat)

Juan Faria (Universitas Tarumanagara)
Suherman Kusniadji (Universitas Tarumanagara)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2018

Abstract

Kekerasan di sekolah telah menjadi masalah serius. Bullying tidak hanya terjadi di lingkungan sekolah akan tetapi bisa terjadi di dunia maya. Penyebab terjadinya bullying di lingkungan sekolah dikarenakan lemahnya pengawasan yang dilakukan guru terhadap siswa. Kurang puas d lingkungan sekolah, perilaku bullying berlanjut ke media sosial, Facebook. Bentuk cyberbullying di Facebook seperti pesan suara, komentar dan chats, mengunggah foto yang tidak baik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu General Aggression Model (GAM), mengapa orang bisa marah atau emosi pada orang lain. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif, dan menggunakan metode studi kasus. Data penelitian melalui wawancara. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tindakan bullying yang terjadi di sekolah berupa tindakan fisik seperti memukul, mencubit, menggigit, mendorong terlalu kencang dan mendorong pelan kepada sesama teman sendiri. Sedangkan hasil tindakan bullying di Facebook lebih kepada penggunaan bahasa verbal (berupa kata-kata) seperti mengumpat kata-kata yang kurang sopan, menghina, mengirimkan pesan jahat berupa ancaman, dan menyebarkan gosip.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

koneksi

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Koneksi (E-ISSN : 2598 - 0785) is a national journal, which all articles contain student's writing, are published by Faculty of Communication Universitas Tarumanagara. Scientific articles published in Koneksi are result from research and scientific studies conduct by Faculty of Communication ...