cover
Contact Name
Sinta Paramita
Contact Email
sintap@fikom.untar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
Koneksi@untar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Koneksi
ISSN : -     EISSN : 25980785     DOI : -
Koneksi (E-ISSN : 2598 - 0785) is a national journal, which all articles contain student's writing, are published by Faculty of Communication Universitas Tarumanagara. Scientific articles published in Koneksi are result from research and scientific studies conduct by Faculty of Communication students in communication field. Koneksi published twice a year.
Arjuna Subject : -
Articles 538 Documents
Studi Komparatif Perbedaan Perilaku Bullying di Sekolah dengan Tindakan Cyberbullying di Facebook (Studi Kasus: Pelajar SMA SWASTA, Jakarta Pusat) Juan Faria; Suherman Kusniadji
Koneksi Vol 2, No 1 (2018): Koneksi
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/kn.v2i1.2436

Abstract

Kekerasan di sekolah telah menjadi masalah serius. Bullying tidak hanya terjadi di lingkungan sekolah akan tetapi bisa terjadi di dunia maya. Penyebab terjadinya bullying di lingkungan sekolah dikarenakan lemahnya pengawasan yang dilakukan guru terhadap siswa. Kurang puas d lingkungan sekolah, perilaku bullying berlanjut ke media sosial, Facebook. Bentuk cyberbullying di Facebook seperti pesan suara, komentar dan chats, mengunggah foto yang tidak baik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu General Aggression Model (GAM), mengapa orang bisa marah atau emosi pada orang lain. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif, dan menggunakan metode studi kasus. Data penelitian melalui wawancara. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tindakan bullying yang terjadi di sekolah berupa tindakan fisik seperti memukul, mencubit, menggigit, mendorong terlalu kencang dan mendorong pelan kepada sesama teman sendiri. Sedangkan hasil tindakan bullying di Facebook lebih kepada penggunaan bahasa verbal (berupa kata-kata) seperti mengumpat kata-kata yang kurang sopan, menghina, mengirimkan pesan jahat berupa ancaman, dan menyebarkan gosip.
Analisis Deskriptif Gaya Hidup Remaja Penggemar K-Pop Di Indonesia Cahyaningsih Retnosari
Koneksi Vol 1, No 1 (2017): Koneksi
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/kn.v1i1.1344

Abstract

Penelitian ini membahas tentang gaya hidup remaja sebagai penggemar K-Pop di Indonesia.  Kemajuan teknologi yang memudahkan penyebaran K-Pop kepada kalangan remaja di Indonesia. Para remaja menjadi penggemar fanatik K-Pop. Kalangan remaja juga telah menjadi konsumen potensial terhadap hal-hal yang berhubungan tentang idolanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam. Narasumber penelitian yakni para penggemar K-Pop dengan rentang usia 15-24 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup sebagai penggemar K-Pop adalah mengikuti perkembangan boyband atau girlband idola melalui internet, mengoleksi pernak-pernik dan merchandise, dance cover, bergabung dalam komunitas penggemar, dan mengunduh video musik, lagu, konser serta variety show. Ekspresi sebagai penggemar dilakukan dengan cara mendukung boyband dan girlband idola dalam ajang penghargaan. Salah satu ekspresi fanatisme penggemar adalah menonton konser dan menghadiri fan meeting.
Gaya Hidup Honda Beauty Sebagai Representasi Citra Diri (Studi Kasus Gaya Hidup Sales Promotion Girls Honda Di Jakarta) Olivia Junifer Cendana; Suzy Azeharie
Koneksi Vol 1, No 2 (2017): Koneksi
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/kn.v1i2.2035

Abstract

Penelitian ini ingin mengetahui gaya hidup Honda Beauty di Jakarta sebagai representasi citra diri. Penelitian ini menarik dilakukan karena penulis ingin menganalisa gaya hidup Honda Beauty di Jakarta dan apakah dengan gaya hidup yang dipilih Honda Beauty merepresentasikan citra dirinya. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini yakni terkait gaya hidup, citra diri, motivasi dan sales promotion girls. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya hidup Honda Beauty, motivasi gaya hidup Honda Beauty, bentuk gaya hidup Honda Beauty dan menganalisa apakah gaya hidup yang dianut Honda Beauty dapat merepresentasikan citra diri yang baik. Data yang akan dianalisis diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan lima key informants yaitu Honda Beauty dan tiga pakar yaitu dua pakar psikolog, satu pakar gaya hidup, dan dua agency Honda. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan studi kasus secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini ialah gaya hidup Honda Beauty merupakan gaya hidup yang sehari-hari dilakukan dalam aktivitasnya yang telah menjadi suatu kebiasaan dan adanya suatu pengaruh lingkungan dan dari gaya hidup yang dijalani Honda Beauty dapat membentuk dan merepresentasikan citra dirinya.
Komunikasi Interpersonal Seorang Ayah Down-Syndrome Melalui Film Miracle in Cell No.7 Jessica Stefanus; Hadi Artomo; Diah Ayu Candraningrum
Koneksi Vol 1, No 2 (2017): Koneksi
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/kn.v1i2.2017

Abstract

Dasar dari penelitian ini ialah perubahan pandangan negatif terhadap penyandang down-syndrome. Dengan keterbatasan yang dialami, seorang dengan retardasi mental mampu menyayangi dan mencintai orang-orang disekitarnya dengan tulus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis semiotika Charles Sanders Pierce yang menggambarkan hubungan komunikasi interpersonal seorang ayah down-syndrome dengan anak perempuannya. Penelitian ini menggunakan film Miracle in Cell No. 7 sebagai sumber objek pelaksanaan penelitian. Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi dalam hubungan antar manusia yang paling erat. Contohnya komunikasi antara dua orang yang saling menyayangi. Komunikasi merupakan medium penting bagi pembentukan atau pengembangan pribadi dan kontak sosial. Dibandingkan dengan bentuk-bentuk komunikasi lainnya, komunikasi interpersonal dinilai paling ampuh dalam kegiatan mengubah sikap, kepercayaan, opini, dan perilaku komunikan. Hubungan keduanya dilatarbelakangi oleh budaya negara Korea yang menganut ajaran Konfusius mengenai rasa hormat kepada orang yang lebih tua.
Interaksi Sosial Perempuan Calon Pilot (Studi Kasus pada Perempuan Calon Pilot di Akademi Penerbangan Aero Flyer Institute) Erlina Sebastian; Suzy S. Azeharie
Koneksi Vol 2, No 2 (2018): Koneksi
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/kn.v2i2.3900

Abstract

Perempuan Indonesia lebih diarahkan untuk melakukan peran domestik dibandingkan peran publik. Sehingga masih terdapat diskriminasi perempuan dalam berbagai bidang seperti pekerjaan, kesehatan, dan pendidikan. Pekerjaan sebagai pilot merupakan pekerjaan yang identik dan didominasi oleh laki-laki. Perempuan yang sedang menjalankan pendidikan sebagai calon pilot akan melakukan interaksi sosial dengan calon pilot laki-laki dan akan beradaptasi dalam interaksi tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi sosial, adaptasi interaksi dan pembagian kerja secara seksual. Data penelitian yang diperoleh bersumber dari wawancara, observasi non-partisipan dan data dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus bertujuan untuk melihat interaksi sosial dan adaptasi interaksi perempuan calon pilot di akademi penerbangan Aero Flyer Institute. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari proses interaksi, beberapa dari siswi akademi Aero Flyer Institute merasakan adanya diskriminasi dari cara bercanda siswa laki-laki terhadap mereka. Hal ini menyebabkan beberapa siswi merasa tersudut dan melaporkannya ke pihak akademi. Setiap permasalahan yang dihadapi oleh siswa Aero Flyer Institute akan segera dicari solusinya melalui forum yang diadakan oleh pihak akademi.
Pola Komunikasi Kelompok Lokananta Record dengan Komunitas Lokananta Project Dalam Membentuk Kohesivitas Kelompok Anastasya Tanti Bintari; Gregorius Genep Sukendro
Koneksi Vol 1, No 2 (2017): Koneksi
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/kn.v1i2.1949

Abstract

Komunitas dapat menjadi wadah untuk berjejaring, saling membangun, dan melahirkan perubahan besar yang bersifat positif bagi masyarakat. Kontribusi dan pengaruh positif ditampilkan komunitas yang saling berjejaring di Lokananta. Penelitian ini membahas pola komunikasi Lokananta Record dengan Komunitas Lokananta Project dalam membentuk kohesivitas kelompok. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola komunikasi antara Lokananta Record dengan Komunitas Lokananta Project dalam menjalin komunikasi yang baik sehingga dapat membentuk kohesivitas kelompok. Lokananta Record mulai berbenah diri menjalin hubungan baik dan komunikasi yang terbuka dengan Komunitas Lokananta Project. Komunitas yang hadir atas kepedulian anak muda pada studio musik rekaman pertama Indonesia, Lokananta Record yang kurang mendapat perhatian. Teori yang digunakan adalah teori komunitas, teori komunikasi organisasi, dan teori komunikasi kelompok, teori pola komunikasi, dan teori kohesivitas kelompok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Data yang diperoleh berdasarkan wawancara dengan narasumber. Melalui komunikasi yang baik antara pegawai Lokananta Record maupun anggota Komunitas Lokananta Project dapat berdiskusi sehingga membangun kedekatan dan keakraban pegawai dengan anggota komunitas. 
Komunikasi Interaksionisme Simbolik Antara Pekerja Tunarungu Dengan Tamu (Studi Komunikasi di Kafe Kopi Tuli Depok) Mailinda Mailinda; Suzy S. Azeharie
Koneksi Vol 2, No 2 (2018): Koneksi
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/kn.v2i2.3919

Abstract

Komunikasi interaksionisme simbolik yang berupa bahasa isyarat merupakan bentuk komunikasi tunarungu atau penyandang disabilitas tuli untuk memudahkan dalam menyampaikan pesan kepada orang lain dan berinteraksi dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interaksionisme simbolik antara pekerja tunarungu dengan tamu di kafe Kopi Tuli Depok dan untuk mengetahui cara pekerja tunarungu mengatasi kendala dalam berkomunikasi dengan tamu di kafe Kopi Tuli Depok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi, komunikasi antarpersonal dan komunikasi interaksionisme simbolik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus secara deskriptif. Data yang dianalisis diperoleh dari hasil wawancara dengan empat narasumber. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi interaksionisme simbolik antara pekerja tunarungu dengan tamu di kafe Kopi Tuli Depok merupakan bahasa isyarat sebagai bentuk komunikasi antara pekerja tunarungu dengan tamu dan membuat penyandang disabilitas tuli yang datang merasa nyaman dalam berkomunikasi dan berinteraksi. Interaksi dengan isyarat merupakan simbol-simbol dalam menyampaikan pesan kepada orang lain. Pekerja tunarungu akan menjelaskan secara verbal ketika tamu tidak mengerti bahasa isyarat dan tidak bisa menggunakan bahasa isyarat. Tamu dapat langsung menunjuk gambar pada menu sesuai keinginan atau memberikan tulisan kepada pekerja tunarungu.
Representasi Superstitious Masyarakat Indonesia dalam Komik Online Webtoon “Next Door Country” Grace Nathasya; Wulan Purnama Sari
Koneksi Vol 1, No 2 (2017): Koneksi
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/kn.v1i2.2008

Abstract

Webtoon “Next Door Country” merupakan sebuah komik online yang menceritakan kisah kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri. Salah satu keunikan adalah kepercayaan terhadap takhayul. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan representasi takhayul masyarakat Indonesia. Dengan metode kualitatif, peneliti menggunakan analisis semiotika Roland Barthes, yang membagi makna menjadi dua tingkatan yaitu denotatif dan konotatif yang kemudian membentuk mitos. Tingkatan denotatif dan konotatif dibagi lagi menjadi dua tingkatan, yaitu signifier dan signified. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa masyarakat Indonesia yang memiliki kecenderungan untuk menganggap fenomena atau kejadian alam akibat hal gaib atau supernatural, mengakibatkan sikap masyarakat Indonesia terhadap sesuatu ditentukan oleh mitos yang ada dalam diri masing-masing individu. Sikap tersebut muncul sebagai reaksi adanya sugesti dari takhayul yang dipercayai dan memungkinkan hal yang dipercayai benar-benar dapat terjadi. Takhayul yang dipercayai masyarakat Indonesia ini menjadi salah satu contoh dari budaya konteks tinggi.
Komunikasi Transendental Sembahyang Buddha Mahayana (Studi Semiotika Sembahyang Di Vihara Padumuttara Tangerang) Tania Tania; Suzy S. Azeharie
Koneksi Vol 2, No 2 (2018): Koneksi
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/kn.v2i2.3942

Abstract

Sembahyang yang dilakukan oleh umat Buddha Mahayana di Vihara Padumuttara merupakan bentuk kegiatan komunikasi antara manusia dengan Tuhan sehingga membentuk makna yang dipahami bersama. Jadi fokus utama dalam penelitian ini adalah membahas makna semiotika pada komunikasi transendental sembahyang Buddha Mahayana di Vihara Padumuttara Tangerang. Penelitian ini akan diuraikan dengan analisis semiotika Roland Barthes. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan merupakan hasil dari observasi nonpartisipan, wawancara dengan narasumber, studi kepustakaan dan penelusuran data secara online. Makna Sembahyang Buddha Mahayana dapat dilihat dari makna gerak tubuh dalam sembahyang yaitu wensin, namaskara dan pradaksina. Selain itu juga terdapat makna dari teks yang diucapkan yaitu nien fo sehingga didapatkan makna sembahyang Buddha Mahayana yaitu penghormatan dan perenungan terhadap ajaran atau Dhamma Sang Buddha mencangkup sifat-sifat luhur Buddha.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Smartphone LG G7 Thinq Pada Fans BTS di Jakarta Barat Brilliani Brilliani; Suherman Kusniadji; Lusia Savitri Setyo Utami
Koneksi Vol 2, No 2 (2018): Koneksi
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/kn.v2i2.3891

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Brand Ambassador BTS dan Sales Promotion terhadap Minat Beli Smartphone LG G7 ThinQ. Teori yang dibahas dalam penelitian ini adalah komunikasi pemasaran, sales promotion, brand ambassador dan minat beli. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis metode survei. Teknik penelitian yang digunakan adalah probability dengan pendekatan simple random sampling, responden sebanyak 97 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan. Uji persyaratan analisis menggunakan uji validitas, reliabilitas dan normalitas. Analisis data menggunakan koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda, uji T dan uji F. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa brand ambassador dan promosi penjualan mempengaruhi minat beli handphone LG G7 ThinQ.

Page 1 of 54 | Total Record : 538