Proses kampanye Pemilu 2019 tidak luput dari mata media. Undang Undang No.40 Tahun 1999 tentang Pers, sistem komunikasi politik dan relasi antara pemerintah dengan pers dapat berlangsung seimbang. Berbagai media massa termasuk media daring di Indonesia, menyajikan berbagai informasi dan berita terkait dengan kampanye pemilihan umum. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana okezone.com dan suara.com merekonstruksikan sebuah realita untuk membingkai peristiwa menjadi berita serta mengetahui bagaimana aplikasi elemen jurnalisme dalam pembingkaian berita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian Analisis Framing Model Zhongdan Pan & Kosicki. Data dalam kerangka framing dikaji menggunakan Elemen-Elemen Jurnalisme Bill Kovach. Pengumpulan data menggunakan observasi non-partisipan pada masing-masing media, studi kepustakaan, penelusuran data daring serta didukung wawancara informan. Kesimpulan penelitian ini adalah okezone.com berada di garis belakang kubu petahana. Sementara suara.com yang mengklaim sebagai media independen, beberapa pemberitaan mengindikasikan keberpihakan pada kubu Prabowo. Penerapan kaidah Elemen Jurnalisme cukup baik, karena selama pemberitaan tentang kampanye Pilpres 2019. Namun, pada poin ke-8 sering terindikasi adanya pengabaian dalam pemberitaan tentang kampanye Pilpres 2019.
Copyrights © 2018