Prologia
Vol 1, No 1 (2017): Prologia

Pengaruh Iklan TVC AQUA Versi #AdaAQUA Episode “Ada Apa Dengan Cinta? 2” Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi di Universitas Pelita Harapan

Kevin Kevin (Universitas Tarumanagara)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari iklan TVC yang dibuat oleh perusahaan AQUA terhadap keputusan pembelian mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pelita Harapan. Penelitian ini menggunakan teori iklan TVC (variabel X) yang dikaji dengan dimensi elemen-elemen iklan TVC yaitu Voice, Music, Seen Words, Pictures, Colour, dan Movement, dan teori keputusan pembelian (variabel Y) yang dikaji menggunakan dimensi keputusan pembelian model AIDA yaitu attention, interest, desire, dan action. Metodologi dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner kepada 86 responden. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Studi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi Universitas Pelita Harapan. Dari penelitian ini diperoleh hasil persamaan regresi linier Y=13.759+0.361X, serta nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang  antara iklan TVC terhadap keputusan pembelian produk bermerek AQUA. Variabel iklan TVC  memberikan konstribusi sebesar 14,6% dan sisanya dipengaruhi variabel lain.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

prologia

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Prologia (E-ISSN 2598-0777) is a national journal, which all articles contain student's writing, are published by Faculty of Communication Universitas Tarumanagara. Scientific articles published in Prologia are result from research and scientific studies conduct by Faculty of Communication students ...