cover
Contact Name
Sinta Paramita
Contact Email
sintap@fikom.untar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
prologia@fikom.untar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Prologia
ISSN : -     EISSN : 25980777     DOI : -
Prologia (E-ISSN 2598-0777) is a national journal, which all articles contain student's writing, are published by Faculty of Communication Universitas Tarumanagara. Scientific articles published in Prologia are result from research and scientific studies conduct by Faculty of Communication students in communication field. Prologia published twice a year.
Arjuna Subject : -
Articles 544 Documents
Komunikasi Pariwisata dalam Mempromosikan Objek Wisata Bukit Kasih Kanonang Inggrit Christiani N.T; Yugih Setyanto
Prologia Vol 1, No 1 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i1.1368

Abstract

Provinsi Sulawesi Utara, merupakan salah satu wilayah tujuan wisata di Indonesia yang memiliki berbagai objek wisata baik objek wisata alam maupun wisata budaya. Objek wisata Bukit Kasih Kanonang merupakan salah satu tujuan wisata di Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara yang banyak diminati oleh wisatawan.Namun keberadaan objek wisata ini belum didukung dengan infrastruktur yang baik sehingga apa objek wisata yang di promosikan masih belum dikelola secara khusus. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui bagaimana Dinas Pariwisata mengembangkan objek pariwisata dan mengetahui kondisi-kondisi yang ada dalam pengembangan pariwisata di Bukit Kasih Kanonang. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipasi, studi kepustakaan, dan penelusuran data online. Dari hasil analisis yang dilakukan oleh penulis, bahwa infrastruktur sangat penting bagi pengembangan objek wisata Bukit Kasih, dan partisipasi masyarakat dalam mendukung pengembangan pariwisata di Bukit Kasih yang mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Minahasa, khususnya Dinas Pariwisata dinilai lamban dalam menindaklanjuti pengembangan di Bukit Kasih. 
Promosi “Ladies” Terhadap Wisatawan Timur Tengah Di Kota Bunga, Puncak Nathasya Florentina; Gregorius Genep Sukendro
Prologia Vol 1, No 2 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i2.1978

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai promosi “Ladies” terhadap wisatawan Timur Tengah Di Kota Bunga, Puncak. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa teori antara lain teori promosi, personal selling, komunikasi antarbudaya, “Ladies”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk menyelesaikan penelitian ini penulis melakukan wawancara mendalam kepada dua narasumber yaitu seorang “Ladies” dan seorang satpam yang menjadi informan, observasi dan studi kepustakaan. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam mempromosikan dirinya, “Ladies” menggunakan kegiatan personal selling. Kegiatan personal selling yang dilakukan oleh “Ladies” ini akan terus terjadi karena itu adalah cara mereka berkomunikasi atau menawarkan jasanya kepada wisatawan Timur Tengah.
Komunikasi Pemasaran Untuk Membangun Minat Beli Konsumen Pada Showroom Mobil Bekas 8-Eleven Di WTC Mangga Dua, Jakarta Utara Gustino Pairaya; Suherman Kusniadji
Prologia Vol 1, No 2 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i2.1954

Abstract

Penelitian ini membahas tentang komunikasi pemasaran untuk membangun minat beli konsumen pada showroom mobil bekas 8-Eleven di WTC Mangga Dua, Jakarta Utara. Dalam penelitian ini didukung oleh beberapa teori diantaranya: Teori Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Periklanan, Personal Selling, dan Word Of Mouth. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah kualitatif, metodologi yang penulis gunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik analisis yang dipaparkan oleh Sugiyono. Dalam penelitian ini penulis melakukan observasi dan wawancara mendalam kepada kepala showroom mobil bekas 8-Eleven dan marketing showroom mobil bekas 8-Eleven serta dengan beberapa pelanggan showroom mobil bekas 8-Eleven. Penelitian ini hanya fokus pada komunikasi pemasaran showroom mobil bekas 8-Eleven diantaranya Iklan yang dibalut digital marketing, Personal Selling , dan Word Of Mouth. Dari penelitian yang penulis lakukan pada showroom mobil bekas 8-Eleven dapat ditemukan bahwa iklan yang dibalut Digital Marketing menjadi yang paling dominan diantara beberapa komunikasi pemasaran lainnya, dengan didukung Personal Selling yang baik dalam upaya membangun minat beli calon konsumen.
Analisis Minat Pelanggan Konten Musik Video Pada Channel Youtube Eclat Story Andrea Prayoga T.S; Farid Rusdi
Prologia Vol 2, No 2 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i2.3583

Abstract

Munculnya peluang menjadi youtuber membawa trend tersendiri bagi banyak kalangan, yaitu munculnya para creator maupun influencer dalam membuat sebuah konten yang menarik untuk dijadikan sebuah hasil karya yang dapat bermanfaat bagi para pengikutnya. konten yang saat ini menarik perhatian ialah musik video cover. Salah satu konten kreator yang memilih konten musik video yaitu grup band “Eclat Story”. Dalam hal ini, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah yang menjadi minat atau ketertarikan seorang subscriber untuk berlangganan konten youtube Eclat Story. Landasan teoritik yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya ialah media sosial, Youtube, dan minat. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi narasumber dalam penelitian ini ialah tiga orang narasumber dengan kualifikasi yang telah berlangganan sejak lama konten Youtube Eclat Story yang digunakan untuk mendapatkan informasi dan tujuan dalam berlangganan konten Youtube Eclat Story. Hasil penelitian bahwa yang menjadi minat dan ketertarikan para subscriber dalam berlangganan dan mengikuti konten-konten Youtube Eclat Story ialah konten musik video yang dibangun Eclat Story memiliki pembeda dan ide-ide konsep yang menarik, hal ini djuga didukung oleh tema yang diambil oleh Eclat sendiri ialah “Music in Movie” yang berarti bahwa dalam setiap pembuatan konten-konten video, Eclat story membuat musik video cover tersebut seperti layaknya sebuah video clip. Hal inilah yang menjadi pendukung ketertarikan para pelangggan dalam berlangganan channel Youtube Eclat story.
Front Matters PRologia Vol 2 No 2 admin admin
Prologia Vol 2, No 2 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Front Matters PRologia Vol 2 No 2
Representasi Nilai – Nilai Religius Dalam Iklan OLX (Semiotika) : Bekas Jadi Berkah “Ayah Hebat” Edisi Ramadhan 1437 H Di Televisi” Indah Sari
Prologia Vol 1, No 1 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i1.1420

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya iklan mengenai nilai – nilai yang terkandung dalam iklan OLX yang ditayangkan media massa televisi dan website. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna-makna apa yang terkandung dalam iklan Televisi OLX Indonesia yang di rilis tahun 2016 serta alasan dan tujuan dibalik konsep dan pendekatan yang digunakan dalam iklan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisa semiotika Roland Barthes. Penelitian ini hanya memperlihatkan situasi tokoh dalam iklan yang berhubungan dengan semiotika sebagai acuan dalam penelitian ini melalui denotasi, konotasi, dan mitos yang memiliki nilai-nilai religius dalam iklan tersebut. Hasil penelitian menemukan nilai-nilai religius dalam iklan yang memiliki makna dalam mempersuasi khalayak. Sehingga penggunaan nilai-nilai religius dalam kehidupan seseorang dapat tertanam dalam benak yang dapat dituai kemudian hari. Dari segi iklan nilai – nilai religius yang digunakan dalam iklan OLX untuk mempermudah penyampaian pesan pada masyarakat.
Pemanfaatan Kanal Youtube OtoDriver Dalam Upaya Membangun Ketertarikan Subscriber Terhadap Fitra Eri Rhandi Seeto Wiguna; Eko Harry Susanto
Prologia Vol 2, No 1 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i1.2398

Abstract

Perkembangan penggunaan media sosial di Indonesia semakin pesat, salah satu media sosial yang cukup diminati oleh subscriber  adalah Youtube. Untuk menghadapi situasi tersebut, diperlukan figur yang mampu membawakan konten yang ada di Youtube dengan baik dan penuh inovasi. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana subscriber  bisa tertarik terhadap Fitra Eri lewat konten Youtube yang di muat di kanal Youtube OtoDriver. Teori yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya media sosial, komunikasi verbal dan non verbal, komunikasi massa, citra, public relations, teknologi komunikasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun key informan dalam penelitian ini adalah seorang pakar media sosial serta lima orang subscriber OtoDriver yang digunakan untuk mengumpulkan data serta menjadi pembanding dari hasil penelitian ini. Hasil penelitiannya adalah, jumlah viewers yang dihasilkan oleh setiap tayangan konten tidak serta merta membuat subscriber  tertarik. Subscriber  beranggapan bahwa isi konten lebih penting dibanding jumlah viewers untuk menjadikan subscriber  tertarik akan individu. Lebih lanjut,latar belakang yang dimiliki oleh Fitra Eri sudah dketahui oleh subscriber  dan itu sudah mengindikasikan subscriber  tertarik, lalu Fitra Eri tidak begitu menghadapi persaingan dalam ranah Youtube dengan reviewer lain, itu disebabkan karena ciri khas serta citra yang kuat dimiliki oleh sosok Fitra Eri.
Strategi Public Relations dalam Membangun Brand Image Jamu (Studi pada Suwe Ora Jamu Kedai Jamu & Kopi) Jessica Tamara; Yugih Setyanto
Prologia Vol 2, No 2 (2018): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v2i2.3715

Abstract

Jamu sebagai minuman yang memiliki segudang manfaat tentu sangat disayangkan apabila hilang begitu saja. Brand image yang melekat pada jamu sebagai minuman yang kuno dan pahit membuatnya semakin ditinggalkan. Kedai Jamu dan Kopi Suwe Ora Jamu (SOJ) memiliki konsep sebagai brand jamu yang unik dan berbeda dari jamu tradisional yang biasa dikenal. Hal ini bertujuan untuk kembali melestarikan jamu dan mengenalkannya kembali kepada generasi muda. Selalu berinovasi dalam menciptakan produk jamu yg unik dan kreatif tanpa menghilangkan manfaatnya menjadi cara utama dari SOJ dalam membangun brand image jamu yg dulunya dianggap kuno dan pahit menjadi suatu minuman modern. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan strategi public relations yang digunakan oleh Suwe Ora Jamu Kedai jamu dan kopi dalam membangun brand image jamu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dan jenis studi kasus. Subjek penelitian pada skripsi ini adalah Suwe Ora Jamu Kedai Jamu dan Kopi yang bertempat di Jalan Petogogan I No.28B, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sedangkan objek penelitian pada skripsi ini adalah strategi public relations yang digunakan oleh Suwe Ora Jamu Kedai Jamu dan Kopi dalam membangun Brand Image jamu. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara, obeservasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah event dan penggunaan media sosial merupakan kegiatan PR utama yang SOJ lakukan sebagai bagian dari startegi public relations dalam membangun brand image jamu.
Analisis Tanggapan Digital Natives Menonton Kampanye Samyang Challenge (Studi Terhadap Mahasiswa Universitas Trisakti) Cindy Febriarni; Eko Harry Susanto; Lusia Savitry Setyo Utami
Prologia Vol 1, No 2 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i2.1943

Abstract

Samyang challenge merupakan tantangan yang dapat dilakukan masyarakat tanpa kritera tertentu untuk mengkonsumsi “buldak bokkeummyeon” yakni mi dari Korea yang terkenal dengan cita rasa pedasnya. Tantangan tersebut bisa dilakukan secara individu maupun berkelompok, kampanye ini menggunakan media sosial dalam penyebarannya, khususnya Youtube. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan digital natives terhadap kampanye #Samyangchallenge yang terjadi di masyarakat. Serta mengetahui alasan ketertarikan akan kampanye ini hingga tercipta viral. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode wawancara kepada kelompok mahasiswa penggemar makanan Korea yang berlokasi di Universitas Trisakti. Hasil kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa kampanye tayangan #Samyangchallenge ternyata mendapat umpan balik positif dari masyarakat, serta terdapat faktor yang membuat viral dengan kehadirannya dalam perkembangan teknologi yakni media sosial.
cover prologia vol 1 no 1 Asisten Jurnal Prologia
Prologia Vol 1, No 1 (2017): Prologia
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/pr.v1i1.2461

Abstract

cover prologia vol 1 no 1

Page 1 of 55 | Total Record : 544