Indonesian Journal of Mathematics Education
Vol 1, No 1 (2018): Indonesian Journal of Mathematics Education

Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis dalam Pembelajaran Geometri

Wanda Nugroho Yanuarto (University of Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis mahasiswa semester 1 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto melalui pembelajaran GAB (Geometri Analitik Bidang) yang termodifikasi dengan teori Dienes dan Van Hiele. Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan untuk mengungkapkan gagasan atau ide-ide matematika dalam upaya untuk mencari suatu solusi dari masalah yang sedang dihadapi. Oleh karena itu, dengan merepresentasikan idenya mahasiswa akan mengalami kemudahan dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran yang termodifikasi dengan teori belajar Dienes dan teori belajar Van Hiele. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 1 kelas A yang berjumlah 35 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto, sedangkan objek penelitian adalah seluruh proses dan hasil pembelajaran matematika dengan penerapan pembelajaran yang termodifikasi Dienes dan Van Hiele untuk mengetahui deskripsi kemampuan representasi matematis mahasiswa di kelas tersebut. Instrumen penelitian berupa lembar observasi kemampuan representasi matematis, pedoman wawancara, dan tes kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran pada mata kuliah Geometri Analitik Bidang yang telah dimodifikasi dengan teori belajar Dienes dan Van Hiele dapat membantu perkembangan kemampuan representasi matematis mahasiswa. Pengembangan pembelajaran dilakukan sesuai dengan kebutuhan pada mahasiswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ijome

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Indonesian Journal of Mathematics Educations is a scientific journal published by Mathematics Education Study Program, Faculty of Education and Teacher Training, Universitas Tidar. IJOME publishes the research issues on mathematics and mathematics education, could be experiments, research and ...