Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah
Vol 3, No 2 (2014)

Desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang Mengintegrasikan Nilai Nilai Pancasila untuk Membantu Guru PKn Membelajarkan Nilai Nilai

Umi Chotimah (Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan FKIP Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2014

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila (RPPMNP) untuk membantu guru PKn dalam membelajarkan nilai-nilai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R & D. Responden pada saat studi pendahuluan adalah 20 orang guru PKn dari sepuluh SMPN di kota Palembang dan lima orang validator, serta dua orang guru PKn kelas VII SMPN yang menjadi guru model pada saat uji coba terbatas dan ujicoba lebih luas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Simpulannya bahwa desain RPPMNP adalah RPP yang semua komponennya diintegrasikan dengan nilai-nilai Pancasila yaitu mulai dari penentuan indikator, tujuan pembelajaran, bahan ajar, model dan metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, media dan sumber belajar, serta instrumen penilaian.        Kata Kunci: RPPMNP, Integrasi, Nilai-Nilai

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

criksetra

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, (P-ISSN: 1978-8673 dan E-ISSN: 2656-9620) merupakan jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Sriwijaya yang mempublikasikan hasil penelitian Pendidikan Sejarah, Kajian Ilmu Sejarah dan Ilmu Sosial Budaya dalam Pendidikan Sejarah. Jurnal ini ...