CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif)
Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 Nomor 1, Januari 2018

MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI IMPLEMENTASI METODE BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN SAINS

Anggrahini, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2018

Abstract

             Dian Anggrahini (2017). Meningkatkan Kecerdasan Sosial Emosional melalui Implementasi Metode Bermain Dalam Pembelajaran Sains pada anak didik kelompok B di TK Lima Cibabat-Cimahi.              Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, observasi & evaluasi,  serta hasil dari pelaksanaan penelitian melalui implementasi metode bermain sains untuk meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini, di mana penelitian ini berdasarkan rumusan masalah yaitu bagaimana meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak melalui implementasi metode bermain dalam pembelajaran sains pada kelompok B di TK Lima?             Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 (dua) tindakan siklus dan setiap siklus meliputi prosedur  penelitian yang terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi & evaluasi, dan (4) refleksi. Dan setiap siklus dilaksanakan  3 (tiga) kali pertemuan.             Pada siklus I dengan model pembelajaran langsung (direct learning), guru kurang optimal dalam memberi motivasi kepada anak didik agar dapat senang dengan rasa ke ingintahuannya yang besar dalam melakukan metode bermain \sains, guru kurang memberi arahan dan bimbingan pada anak didik, guru juga tidak memberikan kesempatan pada anak didik untuk menjelaskan kembali pengetahuan yang telah diperolehnya. Kemudian pada siklus II dengan model pembelajaran kelompok, kelemahan-kelemahan di siklus I dapat diperbaiki oleh guru. Selain itu, anak didik tampak aktif dalam setiap kegiatan implementasi metode bermain sains  dan semakin banyak anak didik yang mampu melakukan dengan kesabaran, hati-hati dan tidak pantang menyerah, dan dapat dengan antusias menjelaskan kembali pengetahuan yang telah diperolehnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan sosial emosional anak dapat ditingkatkan melalui implementasi metode bermain dalam pembelajaran sains.             Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa kecerdasan sosial emosional anak dapat  menunjukkan perubahan yang bermakna di mana anak didik dapat lebih mengenal emosi dirinya, mengelola emosi, empati anak  serta kemampuannya dalam membina hubungan atau kerjasama dengan orang lain. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ceria

Publisher

Subject

Education

Description

Ceria Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and Preschool Education study program of IKIP Siliwangi on current science issues, namely: -Teacher of Early Childhood Education Programs. -Observers and Researchers of Early Childhood Education Programs. -Educational ...