Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya
Vol 2, No 2 (2015)

KEANEKARAGAMAN JENIS SERANGGA NOKTURNAL DI KEBUN BOTANI KAMPUS FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA INDRALAYA DAN SUMBANGANNYA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA

Muhammad Alvin Kautsar (Unknown)
Riyanto Riyanto (Unknown)
Siti Huzaifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis serangga nokturnal Kebun Botani FKIP Unsri Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Metode survei adalah metode yang dipakai untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala gejala yang ada dan mencari keterangan keterangan secara faktual. Proses pengambilan sampel dilakukan pada tiap lokasi sampling dengan menggunakan perangkap serangga yang telah dimodifikasi (Pitfall bait trap + barrier dan Light trap + barrier). Analisis terhadap indeks keanekaragaman menggunakan indeks Shannon-Winner (H’). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keanekaragaman serangga nokturnal di Kebun Botani FKIP UNSRI Kecamatan Inderalaya Utara berada dalam kategori sedang yaitu sebesar 2,9895. Hal ini menandakan bahwa lingkungan kebun botani merupakan lingkungan yang menunjang bagi pertumbuhan dan perkembangan populasi serangga. Serangga yang ditemukan di lokasi penelitian sebanyak  9 Ordo yang terdiri dari 20 famili dan 32 spesies serangga. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi kepada mahasiswa program studi pendidikan biologi FKIP Unsri mengenai keanekaragaman jenis serangga nokturnal di kebun botani FKIP Unsri Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir. Selain itu dapat digunakan sebagai sumbangan dalam bentuk bahan ajar dalam pembelajaran biologi di SMA kelas X semester II pada kompetensi dasar 3.4. Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia hewan dan peranannya bagi kehidupan.   Kata Kunci: Keanekaragaman Jenis, Serangga Nokturnal, Kebun Botani, FKIP Unsri dan Biologi SMA

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

fpb

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya (e-issn : 2613-9936; p-issn : 2355-7192), journals managed by the Biology Education Study Program FKIP Unsri. This journal has been active since 2014, biannually. starting in 2019, Jurnal Pembelajaran Biologi will only publish 6 ...