Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya
Vol 2, No 1 (2015)

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DALAMMENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI KELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 5 PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Waluyo Waluyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian dengan tujuan untuk membuktikan apakah dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw pada Kompetensi Dasar  3.1Menjelaskan  konsep gen, DNA, dan kromosom  dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XII.IPA 1 SMA Negeri 5Palembang.  Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII  IPASMA Negeri 5Palembang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari Prasiklus  sampai siklus II yaitu, prasiklus  (40%), siklus I (80%), siklus II (92%).  Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Model Pengajaran Kooperatif Tipe  Jigsawdapat berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai siswa SMA Negeri 5Palembang, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Biologi.   Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

fpb

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya (e-issn : 2613-9936; p-issn : 2355-7192), journals managed by the Biology Education Study Program FKIP Unsri. This journal has been active since 2014, biannually. starting in 2019, Jurnal Pembelajaran Biologi will only publish 6 ...