Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 5, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SATU BULAN BISA BACA (Studi Kasus di Lembaga Kursus Membaca Mutiara 1 Indralaya)

Erni Susanti (Universitas Sriwijaya)
Azizah Husin (Universitas Sriwijaya)
Imron A Hakim (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2019

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran satu bulan bisa di lembaga kursus membaca mutiara 1 indralaya. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subjek penelitian tutor dan perserta didik. Hasil penelitian bahwa model pembelajaran satu bulan bisa baca dapat diterapkan dengan baik melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penerapan metode satu bulan bisa baca dapat dilaksanakan melalui langkah-langkah proses kegiatan pembelajaran mulai dari kesiapan dalam pembelajaran, bahan ajar sebagai modul acuan pembelajaran, dan metode pembelajaran. Model ini dapat diterapkan pada anak usia sekolah dasar yang ber-usia 6-8 tahun yang memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Beberapa kelebihan dan kelemahan model pembelajaran satu bulan baca baca yaitu kelebihannya mempermudah, cepat dan menyenangkan. Kelemahannya terfokus pada buku paket, dan dalam penerapan cenderung tidak menghadirkan suasana yang menyenangkan bagi anak.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) menerbitkan artikel penelitian tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara nasional pada pengembangan pendidikan nonformal yang meliputi manajemen pembelajaran, manajemen program dan manajemen Institut dengan tujuan memajukan ...