Kunci keberhasilan inovasi dalam pendidikan pada dasarnya adalah perbaikan proses pembelajaran di kelas dalam melaksanakan proses pembelajaran. Pada prinsipnya seorang guru harus mampu membuat persiapan maupun evaluasi hasil belajar dengan baik, karena kualitas dan kuantitas belajar siswa di dalam kelas bergantung pada banyak faktor yang antara lain adalah guru. Sepanjang guru tidak adaptif dan antisipatif (tidak memiliki kemauan untuk berubah) maka dunia pendidikan tidak akan mengalami perubahan. Peningkatan kualitas pembelajaran dalam pendidikan merupakan tanggung jawab setiap unsur terkait, baik itu instansi pemerintah, swasta, institusi yang bersangkutan, guru maupun masyarakat. Perbaikan pada proses pembelajaran membutuhkan informasi yang akurat, yaitu yang dijaring melalui kegiatan evaluasi, oleh karena itu kemampuan guru dalam melaksanakan evaluasi harus menjadi prioritas dalam meningkatkan mutu pendidikan agar informasi yang dihimpun bisa akurat, sehingga perbaikan yang dilakukan bisa tepat sasaran.
Copyrights © 2017