Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 4, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

PENGEMBANGAN SISTEM UJIAN YANG BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Evy Ratna Kartika Waty (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2019

Abstract

Kunci keberhasilan inovasi dalam pendidikan pada dasarnya adalah perbaikan proses pembelajaran di kelas dalam melaksanakan proses pembelajaran. Pada prinsipnya seorang guru harus mampu membuat persiapan maupun evaluasi hasil belajar dengan baik, karena kualitas dan kuantitas belajar siswa di dalam kelas bergantung pada banyak faktor yang antara lain adalah guru. Sepanjang guru tidak adaptif dan antisipatif (tidak memiliki kemauan untuk berubah) maka dunia pendidikan tidak akan mengalami perubahan. Peningkatan kualitas pembelajaran dalam pendidikan merupakan tanggung jawab setiap unsur terkait, baik itu instansi pemerintah, swasta,  institusi  yang bersangkutan, guru maupun masyarakat. Perbaikan pada proses pembelajaran membutuhkan informasi yang akurat, yaitu yang dijaring melalui kegiatan evaluasi, oleh karena itu kemampuan guru dalam melaksanakan evaluasi harus menjadi prioritas dalam meningkatkan mutu pendidikan agar informasi yang dihimpun bisa akurat, sehingga perbaikan yang dilakukan bisa tepat sasaran.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) menerbitkan artikel penelitian tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara nasional pada pengembangan pendidikan nonformal yang meliputi manajemen pembelajaran, manajemen program dan manajemen Institut dengan tujuan memajukan ...