Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 5, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

KETERAMPILAN TUTOR DALAM PENGELOLAAN KELAS DI LEMBAGA BIMBEL (STUDI KASUS: BIMBEL MOECS PALEMBANG)

Indah Yoslia (Universitas Sriwijaya)
Azizah Husin (Universitas Sriwijaya)
Imron A Hakim (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini berjudul Keterampilan Tutor dalam Pengelolaan Kelas di Bimbingan Belajar MOECS Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan tutor dalam pengelolaan kelas di Bimbingan Belajar MOECS Palembang, Subjek pada penilitian ini adalah Tutor dan warga belajar yang ada di Bimbingan Belajar MOECS Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif  disertai catatan-catatan hasil wawancara yang mendalam serta analisis dokumen dari hasil wawancara tersebut. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Interview (wawancara), Observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterampilan tutor dalam pengelolaan kelas di Bimbingan Belajar MOECS Palembang  dinyatakan baik. Hal ini terlihat dari usaha tutor untuk dapat memiliki keterampilan: melaksanakan tahap pengajaran dengan baik, menciptakan dan memelihara iklim belajar yang optimal, mengendalikan kondisi belajar berlangsung efektif dan efisien, mengatur peralatan kelas, dan mengatur sosio-emosional.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) menerbitkan artikel penelitian tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara nasional pada pengembangan pendidikan nonformal yang meliputi manajemen pembelajaran, manajemen program dan manajemen Institut dengan tujuan memajukan ...