Jurnal Akuntansi
Vol. 11 No. 1 (2019)

18 Imperative E –Commerce:Analisis Kesiapan Pelaku UMKM Kota Bandung Dalam Mengembangkan Industri Kreatif Digital

Remon Gunanta (Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi-Universitas Widyatama)
Niki Hadian (Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi-Universitas Widyatama)



Article Info

Publish Date
07 May 2019

Abstract

Para pelaku UMKM dalam mengahadapi MEA harus memiliki kemampuan menggunakan tekologi informasi, dalam hal ini yaitu e-commerce. Namun pelaku UMKMmemiliki kesiapan yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan teknologi informasi dan sikap pelaku UMKM dalam menerapkan e-commerce.Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif sedangkan metode penelitian yang akan digunakan adalah metode kuantitatif dan analisis Multiatribute Attitude Model (MAM). Hasil penelitian menggambarkan bahwa sebagian besar UMKM Kota Bandung memilih menggunakan teknologi informasi dengan media sosial. Sedangkan sikap UMKM Kota Bandung terhadap atribut 18 imperative e-commerce menunjukkan tingkat kesiapan yang baik dalam menerapkan e-commerce. Keywords: e-commerce dan UMKM

Copyrights © 2019