Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 1, No 1 (2017): Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA UJARAN ANAK USIA 4- 5 TAHUN MELALUI METODE QIRAATI (Di RA Raudhatul Muthmainnah, Cikarang Barat, Bekasi)

Hidjanah Hidjanah (RA Raudhatul Muthmainnah, Cikarang Barat Bekasi)
Adiyati Fathu Roshonah (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Metode Qiraati mampu meningkatkan kemampuan bahasa ujaran anak usia 4-5 tahun. Penelitian dilaksanakan di kelompok A Raudhatul Athfal RaudhatulMuthmainnah Cikarang Barat Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di Raudhatul Athfal Raudhatul Muthmainnah Cikarang Barat Bekasi. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi, catatan lapangan dan dokumentasi yang dilakukan dalam setiap siklus. Hasil yang dicapai menunjukkan adanya peningkatanpada kemampuan bahasa ujaran anak usia 4-5 tahun setelah diberikan tindakan sebanyak dua siklus. Peningkatan kemampuan anak terlihat dari data hasil persentase disetiap siklus, hasil persentase di pra siklus sebesar 27%. Persentase pra siklus rendah karena belum diberikannya kegiatan pembelajaran denganmenggunakan metode qiraati. Hasil persentase pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 59,75%, hal ini karena sudah menggunakan metode qiraati, namun belum secara maksimal menguasainya. Dan hasil persentase pada siklus II menjadi sebesar 87,75% karena anak sudah terbiasa dengan metode qiraati yaitumengucapkan dengan lancar, cepat, tepat dan benar tanpa dieja. Implikasi dari penelitian ini adalah pemilihan metode yang tepat oleh masyarakat dan sekolah dalam pengajaran bahasa ujaran akan sangat memberikan hasil yang optimal dalam kemampuan bahasa ujaran anak usia dini. Sehingga pembelajaranbahasa ujaran untuk tingkat selanjutkan akan lebih mudah dan tidak ada lagi penggegasan kepada anak usia dini dalam pembelajaran bahasa ujaran, khususnya dalam pengajaran membaca.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

YaaBunayya

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan ...