JURNAL KONSELING KOMPREHENSIF: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling
Vol 5, No 2 (2018): JURNAL KONSELING KOMPREHENSIF

TINGKAT REGULASI DIRI SISWA DI SEKOLAH KELAS X MEKATRONIKA SMKN SUMATERA SELATAN

Yogi Purwanda (Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya)
Rahmi Sofah (Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya)
Rani Mega Putri (Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat regulasi diri siswa di sekolah kelas X Mekatronika SMKN Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian 36 siswa dan sampel atau responden penelitian yaitu 36 siswa dengan menggunakan sampling jenuh.Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan 40 item pernyataan. Teknik analisis data menggunakan hitungan persentase. Aspek yang diukur dari regulasi diri siswa di sekolah, meliputi 3 aspek yaitu, pikiran, motivasi, dan prilaku. Hasil analisis data menunjukan bahwa tingkat regulasi diri siswa di sekolah kelas X Mekatronika SMKN Sumatera Selatan, 25% dalam katagori sangat tinggi (ST), 61% dalam katagori tinggi  (T). 8% dalam kategori sedang (S). Dan 6% dalam kategori rendah (R).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jkonseling

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Konseling Komprehensif berisi artikel tentang gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori Berkala dua kali setahun pada bulan Mei dan November (ISSN 2355-7303); berisi tulisan tentang gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis, dan hasil penelitian bimbingan dan ...