cover
Contact Name
Sigit Dwi Sucipto
Contact Email
sigitdwi@unsri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jkk@fkip.unsri.ac.id
Editorial Address
Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2, Palembang-Indonesia
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
JURNAL KONSELING KOMPREHENSIF: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557303     EISSN : 28282965     DOI : -
Jurnal Konseling Komprehensif berisi artikel tentang gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori Berkala dua kali setahun pada bulan Mei dan November (ISSN 2355-7303); berisi tulisan tentang gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis, dan hasil penelitian bimbingan dan konseling. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universtias Sriwijaya Lingkup Jurnal Konseling komprehensif ialah bimbingan dan konseling, Bimbingan Konseling Islam, Konseling Keluarga, Konseling Karir, Bimbingan konseling Anak Usia Dini, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Psikologi Pendidikan, Konseling Anak Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Konselor.
Arjuna Subject : -
Articles 92 Documents
PEMBERIAN LAYANAN PENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN LULUSAN BERAHLAK MULIA Aisyah AR
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2014): JURNAL KONSELING KOMPREHENSIF
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jkk.v1i1.1135

Abstract

Tulisan ini bertujuan memberikan gambaran bahwa layanan pendidikan berkarakter merupakan kewajiban bagi tenaga pendidik di perguruan tinggi dalam meningkatkan lulusan berakhlak mulia. Ruang lingkup bahasan tulisan ini adalah pendidikan akademik berkarakter meliputi beberapa komponen yang terintegrasi dalam Tri darma Perguruan Tinggi, budaya organisasi di perguruan tinggi, kegiatan kemahasiswaan, kegiatan keseharian dan kegiatan budaya perguruan tinggi. Selain itu juga mengkaji beberapa pendekatan layanan yaitu 1) pendekatan penanaman nilai (inculcation approach), 2) pendekatan perkembangan moral kognitif ( cognitive moral development approach), 3) pendekatan analisis nilai (values analisys approach), 4) pendekatan klarifikasi nilai (values clarification approach), 5) pendekatan pembelajaran berbuat (action learning approach). Sedangkan metode yang digunakan dalam layanan pendidikan karakter adalah metode Lesson Study, metode Live In, metode hiwar, metode qisbah, metode uswah dan metode pembinaan.   Kata kunci: model pembalajaran, pendidikan karakter  
APLIKASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA SISWA KELAS XI IPS SEKOLAH MENENGAH ATAS Reska .; Rahmi Sofah; Syarifudin Gani
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2014): JURNAL KONSELING KOMPREHENSIF
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jkk.v1i1.1139

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian adalah meningkatkan Self Esteem siswa kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Indralaya melalui layanan bimbingan kelompok berbasis Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek penelitian terdiri dari 8 siswa yang mempunyai kriteria harga diri sedang dan harga diri rendah. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala psikologi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Proses kegiatan bimbingan kelompok berbasis Islam tetap mengacu pada tahap-tahap layanan bimbingan kelompok pada umumnya namun pada setiap tahapan disertai dengan pengamalan nilai-nilai Islam dan dilengkapi dengan adab-adab yang biasa dilakukan dalam mentoring agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rasa harga diri sebelum diberikan tindakan menujukkan harga diri yang negatif (kategori rendah dan sedang) setelah diberikan tindakan menjadi harga diri positif (sedang dan tinggi). Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berbasis Islam bisa diaplikasikan untuk meningkatkan Self Esteem siswa. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok Berbasis Islam, Self Esteem
MENGEFEKTIFKAN GAYA BELAJAR AUDITORY MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI IPA II DI SMA Hendri Kapandra; Rahmi Sofah; Kelanawaty Karim
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2014): JURNAL KONSELING KOMPREHENSIF
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jkk.v1i1.1144

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk dapat mengefektifkan gaya belajar auditory siswa melalui bimbingan kelompok dengan metode diskusi. Metode penelitian ini menggunakan PTBK dengan subyek penelitian 8 orang, diperoleh dari hasil analisis angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya serta sebagai penunjang dilakukan obeservasi. Data dianalisis secara diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dapat mengefektifkan gaya belajar auditory siswa disekolah. Rata-rata perbaikan skor tingkat keefektifan gaya belajar auditory  siswa sebelum dilakukan tindakan yaitu 45,5 dalam kategori rendah. Setelah tindakan dilakukan pada siklus pertama skornya menjadi 53,6 yang dikategorikan rendah menjadi sedang. Pada siklus kedua, ternyata skor tingkat keefektifan gaya belajar auditory meningkat lagi menjadi 76,1 dalam kategori tinggi. Dengan demikian dapat direkomendasikan bahwa bimbingan kelompok dapat digunakan untuk mengefektifkan gaya belajar auditory siswa disekolah. Kata Kunci : Gaya Belajar Auditory, Layanan Bimbingan Kelompok, Metode Diskusi  
UPAYA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA “F” TERHADAP PERUBAHAN KONDISI KELUARGA MELALUI KONSELING REALITAS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 INDRALAYA UTARA Devita Sary; Harlina .; Imron A. Hakim
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2014): JURNAL KONSELING KOMPREHENSIF
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jkk.v1i1.1148

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa “F” terhadap perubahan kondisi keluarga melalui konseling realitas di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Indralaya Utara. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan konseling realitas yang menekankan pada eksplorasi keinginan dan perencanaan tindakan oleh konseli dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa “F” terhadap perubahan kondisi keluarga. Hasil penelitian ini didukung dengan adanya peningkatan skor hasil wawancara sebelum dilakukan tindakan konseling realitas sampai setelah tindakan pada siklus kedua. Pada siklus pertama proses konseling realitas menekankan pada eksplorasi atau pengungkapan keinginan-keinginan konseli terhadap keluarga. Pada siklus kedua proses konseling realitas menekankan pada tahap perencanaan tindakan khususnya pemberian dorongan positif dan memotivasi konseli untuk melaksanakan tindakan yang direncanakan dengan baik. Dengan demikian, tindakan konseling realitas dapat digunakan untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa “F” terhadap perubahan kondisi keluarga. Kata Kunci : Penyesuaian Diri, Kondisi Keluarga, Konseling Realitas
UPAYA PREVENTIF PENYALAHGUNAAN NARKOBA MELALUI MODEL KONSELING LOGO THERAPY DI SMK NEGERI 3 PALEMBANG Syarifudin Gani
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2014): JURNAL KONSELING KOMPREHENSIF
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jkk.v1i1.1152

Abstract

ABSTRACT Tujuan dari penelitian ini adalah Upaya Preventif  melalui konseling logo terapi untuk mengungkap masalah penyalahgunaan narkoba di sekolah. Alat  pengumpulan data yaitu observasi, angket/kuisoner, wawancara, dan dokumentasi. Fokus kegiatan konseling logo terapi adalah  untuk meningkatkan kesadaran diri siswa, mengenali emosi dan hasrat selanjutnya menghilangkan emosi dan hasrat yang menganggu melalui kegiatan letting go. Selanjutnya pemantuan perubahan sikap dan perilaku siswa dipantau melalui buku harian yang ditulis sendiri serta dievaluasi oleh siswa. Tujuan yang diharapkan dalam Upaya Preventif Penyalahgunaan Narkoba Melalui Model Konseling Logo Therapy diharapkan agar siswa memahami pemaknaan hidup, sehingga siswa diharapkan dapat mengendalikan hasrat untuk mengatur  (Wanting to control), hasrat untuk diakui (Wanting for approval), hasrat untuk menjadi aman (Wanting for security), hasrat untuk menjadi terpisah (Wanting to separate), dan hasrat untuk menjadi sesuatu (Wanting to be one) dengan demikian siswa mampu untuk mengendalikan dirinya, sehingga terhindar dari penyalahgunaan narkoba. Kata kunci : Konseling Logo Therapy, Narkoba.  
MENINGKATKAN KEPEMIMPINAN TRANFORMASIONAL PENGURUS OSIS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SIMULASI RAPAT DI SMA Imam B. Amarullah; Amiruddin Andi
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2014): JURNAL KONSELING KOMPREHENSIF
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jkk.v1i1.1187

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan kepemimpinan tranformasional pada pengurus OSIS melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi sehingga pengurus OSIS dapat melaksanakan kepemimpinan transformasional tersebut dalam rapat  organisasi. Adapun metodologi penelitian ini menggunakan PTBK, dengan subjek penelitian berjumlah 9 orang. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi dan angket. Data dianalisis menggunakan rata-rata nilai kemudian diklasifikasikan menjadi kategori, sangat tinggi, tinggi, rendah dan sangat rendah. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi rapat dapat meningkatkan kepemimpinan transformasional pengurus OSIS. Sebelum dilakukan tindakan skor dari subjek penelitian, kepemimpinan transformasionalnya diklasifikasikan rendah. Setelah dilakukan tindakan siklus pertama terjadinya peningkatan kepemimpinan transformasional pada 3 orang Pengurus OSIS yang diklasifikasinya tinggi, sedangkan 6 orang diklasifikasikan rendah. Begitu juga pada siklus kedua terjadi peningkatan signifikan pada 9 orang Pengurus OSIS, yaitu 3 orang klasifikasi sangat tinggi dan 6 orang diklasifikasikan tinggi. Saran kegiatan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi rapat dapat digunakan untuk meningkatkan kepemimpinan transformasional pengurus OSIS di SMA Negeri 4 Lahat. Kata Kunci: kepemimpinan transformasional, bimbingan kelompok, teknik simulasi rapat.
PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING SENSITIF BUDAYA Fahrul Hidayat1; Aprezo Pardodi Maba; Hernisawati Hernisawati
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 1 (2018): JURNAL KONSELING KOMPREHENSIF
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jkk.v5i1.8196

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat disekitarnya. Beraneka ragam suku, agama, budaya, etnis, bahasa, dan lainnya campur menjadi satu yang menghasilkan interaksi satu sama lain. Terkadang, interaksi tersebut menimbulkan gesekan yang berujung pada munculnya permasalahan, temasuk dalam proses layanan bimbingan dan konseling. Interaksi antara konseli dan konselor yang mengabaikan latar belakang budaya masing-masing dapat mengakibatkan terminasi dini dalam konseling. Penulis mencoba menyajikan sebuah perspektif agar praktisi konseling (guru bimbingan dan konseling atau konselor) lebih sensitif dalam memahami budaya konseli agar konseling yang dilaksanakan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Kata Kunci : Bimbingan dan Konseling, Budaya
MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 17 PALEMBANG Rahmi Sofah; Nurul Huda
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 2 (2018): JURNAL KONSELING KOMPREHENSIF
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jkk.v5i2.8477

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui layanan klasikal dengan menggunakan video audi visual pada siswa kelas VIII-8 SMP Negeri 17 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK,) dengan subjek penelitian siswa 33 orang siswa,  terdiri dari laki-laki 19 orang dan perempuan 14 orang. Adapun tahapan dalam penelitian ini   terdiri dari empat fase yaitu planning, action, observation dan reflection. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket. Teknik analisis yang dilakukan  dengan menggunakan deskriptif  kualitatif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan media audio visual memberikan peningkatan terhadap keaktifan belajar siswa. Sebelum tindakan tidak ada siswa yang masuk kategori sangat aktif. Setelah diberikan tindakan siswa relatif masuk kategori sangat aktif dan aktif. Dengan menggunakan media video memungkinkan siswa tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran serta memudahkan siswa untuk memahami materi layanan.
PEMAHAMAN SISWA TENTANG PERENCANAAN KARIR DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN Septa Andriani; Harlina Harlina
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2017): JURNAL KONSELING KOMPREHENSIF
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jkk.v4i1.8066

Abstract

This research aims to determine the level of understanding of career planning for class XI of SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. The sampling technique used in this research is systematic random sampling, and 64 students of class XI have been chosen to be samples of this research and  based on the calculation Slovin with an error rate of 10%. This research instrument is an objective test to measure the understanding of student's career planning of the aspect of information about themselves, related information about surrounding family and information about the relevant environmental for the career planning. Conclusions of this research is that in general the level of understanding of career planning are in the medium level category of understanding, meaning that students have already understood about career planning. Keywords: Understanding, career planning
TINGKAT REGULASI DIRI SISWA DI SEKOLAH KELAS X MEKATRONIKA SMKN SUMATERA SELATAN Yogi Purwanda; Rahmi Sofah; Rani Mega Putri
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol 5, No 2 (2018): JURNAL KONSELING KOMPREHENSIF
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jkk.v5i2.8475

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat regulasi diri siswa di sekolah kelas X Mekatronika SMKN Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian 36 siswa dan sampel atau responden penelitian yaitu 36 siswa dengan menggunakan sampling jenuh.Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan 40 item pernyataan. Teknik analisis data menggunakan hitungan persentase. Aspek yang diukur dari regulasi diri siswa di sekolah, meliputi 3 aspek yaitu, pikiran, motivasi, dan prilaku. Hasil analisis data menunjukan bahwa tingkat regulasi diri siswa di sekolah kelas X Mekatronika SMKN Sumatera Selatan, 25% dalam katagori sangat tinggi (ST), 61% dalam katagori tinggi  (T). 8% dalam kategori sedang (S). Dan 6% dalam kategori rendah (R).

Page 1 of 10 | Total Record : 92