Jurnal Inovasi Pendidikan


PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Ismawati, Rizki Lia (Unknown)
Slamet, Adeng (Unknown)
Ismet, Ismet (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini telah menghasilkan media pembelajaran berbasis moodle  yang valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Rowntree, terdiri atas tiga tahap yaitu tahap perencanaan (planning), tahap pengembangan (development), dan tahap evaluasi (evaluation). Namun pada tahap evaluasi dimodifikasi menggunakan tahap evaluasi formatif  Tessmer terdiri atas self evaluation, one to one evaluation, smallgroup evaluation, dan fieldtest. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 15 Palembang pada tahun pelajaran 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan dengan cara walkthrough, angket, wawancara, observasi, dan tes. Pada tahap expert review, dilakukan oleh tiga orang ahli yaitu ahli materi, desain instruksional, dan media. Hasil validasi menyatakan bahwa produk media pembelajaran berbasis moodle yang digunakan valid dan layak untuk diujicoba. Berdasarkan hasil angket dan wawancara pada tahap one to one evaluation diperoleh data dengan rerata skor 4,69 (sangat praktis) yang menyatakan bahwa produk yang dikembangkan praktis. Hasil penelitian pada tahap small group evaluation yang didapatkan dari hasil angket menunjukkan rerata skor 4,5 (sangat praktis), sedangkan dari hasil field test menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis moodle yang digunakan pada mata pelajaran Biologi mampu meningkatkan hasil belajar peserta diidk. Rerata hasil yang didapatkan yaitu 27,01 pada saat pretest dan 74,15 posttest dengan rerata N-gain 0,64 (sedang).

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

sij-inovpend

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan is an online peer-reviewed journal and aims to provide an international scientific communication forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to educational technology. This journal is publish by Educational Technology ...