Telah berhasil dikembangkan produk multimedia interaktif materi hidrolisis garam yang valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Hannafin dan Peck, yang terdiri dari 3 tahap yaitu tahap melakukan analisis, tahap desain, dan tahap pengembangan dan implementasi. Pada tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer, yang terdiri dari 5 tahap yaitu evaluasi diri, evaluasi ahli, evaluasi one to one, evaluasi kelompok kecil, dan uji lapangan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA SMA LTI IGM Palembang. Validitas multimedia interaktif ini dinilai oleh tiga ahli yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahli media. Berdasarkan saran dan penilaian para ahli, multimedia interaktif ini dinyatakan valid dan layak untuk diuji coba. Kepraktisan multimedia interaktif dapat dilihat dari kesimpulan hasil wawancara dengan peserta didik pada evaluasi one to one. Kepraktisan multimedia interaktif tahap evaluasi kelompok kecil di peroleh rerata 4,32 dalam kategori sangat praktis. Efektifitas multimedia interaktif ini tampak dari hasil belajar yang mengalami peningkatan dengan N-gain sebesar 0,74 dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan memiliki efektifitas terhadap hasil belajar peserta didik. Melalui hasil penelitian ini disarankan kepada peneliti lain, untuk dapat mengembangkan multimedia interaktif pada materi pembelajaran yang lain.
Copyrights © 0000