Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan
Vol 5, No 1 (2011)

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Pengakuan Terhadap Keberadaan dan Fungsi Pemimpin Opini (Kasus Pada Pembudidaya Ikan Kolam Jaring Apung (KJA) di Blok Coklat Waduk Cirata Cianjur Jawa Barat)

Abdul Hanan (Jurusan Penyuluhan Perikanan Sekolah Tinggi Perikanan)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2011

Abstract

Kredibiltas, daya tarik dan kemampuan seseorang merupakan karakteristik yang berhubungan dengan diakuinya seseorang sebagai sumber pendapat disuatu masyarakat. Seringnya seseorang dijadikan sumber pendapat baik pada satu aspek atau beberapa aspek inilah yang memunculkan adanya pemuka pendapat (Pemimpin Opini) pada suatu komunitas masyarakat. Diakuinya seseorang sebagai Pemimpin Opini pada bidang perikanan karena fungsi yang dijalankannya antara lain: (1) membantu pelaku utama perikanan dalam mencapai tujuan usahanya; (2) memperlancar komunikasi antar pelaku utama perikanan; (3) meningkatkan motivasi dalam berusaha; (4) membantu memperlancar fasilitas usaha; (5) membantu memecahkan masalah yang dihadapi pelaku utama. Hasil penelitian yang dilakukan di Blok Coklat Waduk Cirata terhadap komunitas pembudidaya ikan di Kolam Jaring Apung (KJA) dengan metode Sosiometri dari 8 (delapan) orang yang merupakan sumber pendapat usaha buddaya ikan KJA, ada 2 (dua) yang merupakan paling banyak dan paling sering dimintai pendapat oleh para pembudidaya ikan KJA untuk menjalankan usahanya. Berdasarkan hasil analisis korelasi Rank Spearmant bahwa terdapat hubungan yang erat dan sangat erat diakuinya seseorang sebagai pemimpin Opini dengan fungsi Pemimpin Opini.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

jppik

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities

Description

Jurnal Penyuluhan Perikanan dan kelautan menerima artikel yang memuat hasil penelitian dalam bidang perikanan dalam arti luas. Topik yang dapat dipublikasikan melalui jurnal ini antara lain : penyuluhan perikanan; pemberdayaan masyarakat perikanan; konservasi dan sumberdaya perikanan; sosial dan ...