Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika
Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika

Analisa Pengukuran Nilai Konduktivitas Larutan NaCl Selama Proses Adsorpsi dan Desorpsi pada Sistem Capasitive Deionization (CDI)

Nurul Fadilah (Unknown)
E Endarko (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2015

Abstract

Teknologi capacitive deionization (CDI) merupakan salah satu metode desalinasi yang dikembangkan karena biaya yang rendah. Prinsip kerja dari CDI adalah berdasarkan prinsip kerja kapasitor, teknologi ini menggunakan adsropsi/desorpsi listrik tanpa perubahan muatan dalam pasangan elektrodanya. Ketika air dengan kandungan garam dialirkan diantara sepasang elektroda yang bermuatan maka elektroda akan mengadsorp ion-ion pada daerah antarmuka larutan dan elektrodanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengurangan nilai konduktivitas elektroda karbon dengan binder Polytetrafluoroethylene (PTFE) preparation pada proses desalinasi 0.1 M NaCl. Hasilnya menunjukkan bahwa sistem CDI yang dibuat mampu mengurangi nilai konduktivitas larutan sampel sebesar 0.08 mS/cm pada tegangan sumber 1.5 V dan laju air 10 mL/menit.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jtaf

Publisher

Subject

Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung sebagai sarana untuk mempublikasikan hasil penelitian, artikel review dari peneliti-peneliti di bidang fisika teori dan aplikasinya. Jurnal ini terbit dua kali setahun (Januari dan ...