JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar)
Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar

Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pembelajaran IPS SD Model 4-P Dipadukan Dengan Reciprocal Teaching

Nardi, Mikael (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahanajar mata kuliah pembelajaran IPS SD model 4P dipadukan dengan pengajaran timbal balik. Penelitian ini menggunakan desain dengan tiga tahap utama: (1) studi pendahuluan, (2)pengembangan model, dan (3) pengujian model. Tempat penelitian adalah Program Studi PGSDSTKIP Santu Paulus Ruteng. Populasi penelitian mencakup mahasiswa semester IV tahun akademik2013/2014, dengan sampelnya mahasiswa tingkat IIE dan IIF. Pada tahap studi pendahuluan, datadiperoleh dari wawancara dan observasi. Pada tahap pengembangan model, data diperoleh darivalidasi, angket, dan observasi. Pada tahap pengujian model, data diperoleh dari tes. Analisis data hasil tes dilakukan melalui uji T dengan interval kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan melalui modep 4P yang dipadukan dengan pengajaran timbal balik efektif dalam meningkatkan nilai hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai postes mahasiswa yang mengggunakan model 4P dengan pengajaran timbal balik lebih tinggi daripada masiswa yang menggunakan model lain. Selain itu ditemukan adanya tanggapan positif dari sebagianbesar mahasiswa atas bahan ajar yang dikembangkan dengan model 4P dipadukan dengan pengajaran timbal balik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jipd

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan (JIPD) diterbitkan sejak tahun 2017 oleh Program Studi Guru Sekolah Dasar UNIKA Santu Paulus Ruteng. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juli dan Januari. Berisi Tulisan hasil telaah kepustakaan dan penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran dosen Program Studi ...