Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahanajar mata kuliah pembelajaran IPS SD model 4P dipadukan dengan pengajaran timbal balik. Penelitian ini menggunakan desain dengan tiga tahap utama: (1) studi pendahuluan, (2)pengembangan model, dan (3) pengujian model. Tempat penelitian adalah Program Studi PGSDSTKIP Santu Paulus Ruteng. Populasi penelitian mencakup mahasiswa semester IV tahun akademik2013/2014, dengan sampelnya mahasiswa tingkat IIE dan IIF. Pada tahap studi pendahuluan, datadiperoleh dari wawancara dan observasi. Pada tahap pengembangan model, data diperoleh darivalidasi, angket, dan observasi. Pada tahap pengujian model, data diperoleh dari tes. Analisis data hasil tes dilakukan melalui uji T dengan interval kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan melalui modep 4P yang dipadukan dengan pengajaran timbal balik efektif dalam meningkatkan nilai hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai postes mahasiswa yang mengggunakan model 4P dengan pengajaran timbal balik lebih tinggi daripada masiswa yang menggunakan model lain. Selain itu ditemukan adanya tanggapan positif dari sebagianbesar mahasiswa atas bahan ajar yang dikembangkan dengan model 4P dipadukan dengan pengajaran timbal balik.
Copyrights © 2017