JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar)
Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar

Efektivitas Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning Dalam Mengatasi Kecemasan Komunikasi

Dasor, Yohanes Wendelinus (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2018

Abstract

Kecemasan komunikasi merupakan gejala yang lumrah ada dalam diri setiap manusia,namun tetap merupakan suatu bahaya yang mengancam kualitas individu dalam membangunkomunikasi dengan sesamanya. Kecemasan komunikasi sebagai suatu reaksi negatif dalam diriindividu berupa kecemasan ketika hendak berkomunikasi baik komunikasi antara pribadi, komunikasi di depan umum, di media massa dan sebagainya. Sebagai suatu reaksi negatif maka kecemasan komunikasi cenderung mendatangkan suasana yang mengancam aura-aura positif dalam diri untuk terus berkembang melalui hubungannya dengan yang lain. Karena itu sebagai reaksi negatif maka kecemasan komunikasi harus dihilangkan. Dan salah satu upaya yang dilakukan untukmembangkitkan keberanian komunikasi dalam diri peserta didik adalah melalui metode pembelajaranberbasis student center learning. Student center learning merupakan metode pembelajaran yangberpusat pada peserta didik dimana secara aktif, inovatif, kreatif dan bertanggung jawab dalamkeseluruhan proses belajar. Melalui metode student centered learning, peserta didik mampu memiliki karakter pribadi yang tidak takut berkomunikasi, melahirkan konsep diri yang memiliki keyakinan akan kemampuan dalam diri untuk berkomunikasi di depan publik dan memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat berkomunikasi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jipd

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan (JIPD) diterbitkan sejak tahun 2017 oleh Program Studi Guru Sekolah Dasar UNIKA Santu Paulus Ruteng. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juli dan Januari. Berisi Tulisan hasil telaah kepustakaan dan penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran dosen Program Studi ...