JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM
Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal dan UMKM (JIBPU)

ANALISIS PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFI, FINANCIAL LITERACY DAN SAVING MOTIVES TERHADAP PERMINTAAN ASURANSI JIWA UNIT-LINK DI KOTA BATAM

Fendy Cuandra (Unknown)
Vivi Liliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2019

Abstract

Asuransi merupakan sesuatu yang sudah lazim didengar dan ditawarkan kepada masyarakat. Akan tetapi, OECD (Organization for Economic Cooperation & Development) menunjukkan data bahwa ternyata permintaan asuransi masyarakat Indonesia lebih rendah dibandingkan dengan negara tetangga. Sampel pada penelitian ini didapatkan dengan menggunakan kuisioner dan hanya individu yang sudah memiliki asuransi dan berdomisili di Batam dapat berpartisipasi dalam penelitian. Berdasarkan hasil olah data, diketahui bahwa financial literacy dan precautionary motive tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Sedangkan faktor demografi dan life-cycle motive, serta wealth accumulation motive terbukti berpengaruh signifikan positif. Terakhir bequest motive terbukti memiliki pengaruh signifikan negatif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIBPU

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal dan UMKM (JIBPU) edisi ini berisi lima tulisan, yang terkait dengan strategi marketing dan manajemen sumber daya manusia dengan beberapa implementasi marketing di sektor keuangan, jasa bisnis, industri dan pemerintahan. Jurnal ini menampilkan beberapa penelitian dan ...