cover
Contact Name
Farizal Andriansyah
Contact Email
andriansyah.farizal@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
farizal@ibn.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM
ISSN : 26545446     EISSN : 26553821     DOI : -
Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal dan UMKM (JIBPU) edisi ini berisi lima tulisan, yang terkait dengan strategi marketing dan manajemen sumber daya manusia dengan beberapa implementasi marketing di sektor keuangan, jasa bisnis, industri dan pemerintahan. Jurnal ini menampilkan beberapa penelitian dan hasil kajian dari dosen dan mahasiswa Magister Manajemen Institut Bisnis Nusantara.
Arjuna Subject : -
Articles 54 Documents
PENGARUH PERSONAL SELLING, CELEBRITY ENDORSER, DAN TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MI1 GLOBAL Candra Gunawan; S. Panjta Djati
JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal dan UMKM (JIBPU)
Publisher : Magister Manajemen Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.534 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh dari variabel personal profit, celebrity endorser, dan trust terhadap Keputusan Pembelian produk Mi1 Global. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Sampel penelotian berjumlah 91 responden. Data penelitian diperoleh dengan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur yang dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Personal Selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. dan secara bersama-sama dari personal selling, celebrity endorser dan trust memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN YANG BERDAMPAK PADA LOYALITAS PELANGGAN JASA PENGIRIMAN AB CARGO Chando Martua; S. Panjta Djati
JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal dan UMKM (JIBPU)
Publisher : Magister Manajemen Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.763 KB)

Abstract

Herlyk Ekspress (AB Cargo) merupakan perusahaan pengiriman barang milik swasta yang bergerak dibidang jasa. Banyaknya perusahaan yang saling mengirim barang dari tempat yang jauh membuat jasa pengiriman barang ini menjadi sangat penting. Selama proses pengiriman barang kadang tidak selalu berjalan dengan lancar, misalnya kemungkinan terjadinya bencana, baik yang berasal dari alam, perbuatan manusia maupun dari sifat barang itu sendiri. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di perusahaan AB Cargo, untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan di perusahaan AB Cargo dan untuk mengetahui pengaruh kepuasaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di perusahaan AB Cargo. Jumlah sampel sebesar 80 responden yang terdiri dari customer AB Cargo. Metode yang digunakan dalam menguji penelitian ini adalah structural equation modelling. Structural Equation Modelling (SEM) adalah sebuah model statistic yang berguna untuk menjelaskan hubungan antara beberapa variabel dengan aplikasi program Smart PLS sebagai pengolahan data penelitian. Kualitas Layanan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan, Harga berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan.
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN PERCEIVED ORGANIZATION SUPPORT (POS) TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP RETENSI KARYAWAN Frida Aprillia; Aloysius Harry Mukti
JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal dan UMKM (JIBPU)
Publisher : Magister Manajemen Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.8 KB)

Abstract

Retensi Karyawan (Employee Retention) merupakan keharusan bagi sebuah perusahaan dalam mempertahankan karyawan terbaiknya. Tesis ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh lingkungan kerja dan perceived organizational support mempengaruhi kepuasan kerja dan dampaknya terhadap retensi karyawan. Jumlah sampel sebesar 64 responden yang terdiri dari 4 departemen pada divisi Customer Experience. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan program lisrel 8.72 sebagai tools penelitian. Hasil hipotesis akan digunakan untuk menginvestigasi (1) “Bagaimanakah pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja” (2) “Bagaimanakah pengaruh Perceived Organizational Support terhadap Kepuasan Kerja”, dan (3) “Bagaimanakah pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Retensi Karyawan”. Berdasarkan hasil pengujian, lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, perceived organizational support memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan kerja, dan kepuasan kerja memiliki pengaruh yang positif terhadap retensi karyawan.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN (SERVICE QUALITY) DAN CITRA MERK (BRAND IMAGE) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KLINIK AKUPUNTUR SETIA UTAMI Setiyo Utami; Aloysius Harry Mukti
JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal dan UMKM (JIBPU)
Publisher : Magister Manajemen Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.463 KB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut : dari hasil analisis data melalui uji Annova diperoleh bahwa bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty) secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan/customer satisfaction di klinik akupuntur Setia Utami. Dari 5 dimensi service quality yang diteliti, terdapat 2 variabel yang memiliki pengaruh signifikan yaitu pada dimensi jaminan (assurance) dan empati (emphaty), sedangkan dimensi bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability) dan daya tanggap (responsiveness) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Brand image memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan/customer satisfaction.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA Wilma Yulinda; Aloysius Harry Mukti
JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal dan UMKM (JIBPU)
Publisher : Magister Manajemen Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.772 KB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survey melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 736 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia angkatan 2014, 2015, 2016 dan 2017. Survey dilaksanakan pada bulan Oktober - November 2017. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 259 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Pengolahan data statistik dilakukan dengan software SPSS. Temuan dari penelitian ini yaitu dimensi jaminan (assurance), empati (emphaty) dan bukti fisik (tangible) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Sedangkan dimensi keandalan (reliability) dan daya tanggap (responsiveness) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia.
E- SUPPLY CHAIN MANAGEMENT : EFISIENSI PEMASARAN RANTAI PASOK DAGING SAPI DI KABUPATEN BANYUWANGI A A Gde Satia Utama; Desy Arista; Hafis Alvaro; Ari Fachruddin
JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal dan UMKM (JIBPU)
Publisher : Magister Manajemen Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.992 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan E-Supply Chain Management pada rantai pasokan daging sapi di Kabupaten Banyuwangi sebagi upaya memperpendek alur rantai pasok dan upaya efisiensi pemasaran. Daging sapi merupakan salah satu makanan yang mengandung protein tinggi yang sering dikonsumsi oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Konsumsi daging mengalami penurunan dari sebelumnya 6,1% pada 2013 menjadi 5,3% pada 2014. Supply chain daging sapi merupakan konsep mekanisme yang berkaitan dengan aliran produk, aliran keuangan informasi dalam proses distribusi sapi potong hidup menjadi daging sapi. Metode penelitian ini deskriptif dengan pendekatan metode kualitatif.
PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SIM CARD TELKOMSEL, INDOSAT OOREDOO DAN HUTCHISON 3 INDONESIA DI WILAYAH JAKARTA TIMUR Abdullah Kafabih; Aloysius Harry Mukti
JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal dan UMKM (JIBPU)
Publisher : Magister Manajemen Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.681 KB)

Abstract

Metode penelitian kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan penelitian komparatif. Penelitian komparatif adalah penelitian yang membandingkan dua gejala atau lebih. Yang menjadi objek penelitian komparatif dalam penelitian ini yaitu pengguna produk SIM card dari Telkomsel, Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu citra merek, kualitas produk dan promosi, sedangkan variabel terikat yaitu keputusan pembelian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan data primer (kuesioner) dengan skala likert 1-5 dan data skunder. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dan software yang digunakan untuk analisa data tersebut adalah program Lisrel 8.8. Hasil penelitian menujukan bahwa variabel citra merek dari data Telkomsel dan Indosat Ooredoo mempengaruhi variabel keputusan pembelian, sedangkan dari data Hutchison 3 Indonesia tidak mempengaruhi variabel keputusan pembelian. Untuk variabel kualitas produk dari data Telkomsel dan Indosat Ooredoo tidak mempengaruhi variabel keputusan pembelian, sedangkan dari data Hutchison 3 Indonesia mempengaruhi variabel keputusan. Untuk variabel promosi dari data Telkomsel, Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia semuanya mempengaruhi variabel keputusan pembelian.
CORPORATE GOVERNANCE PADA PERBANKAN SYARIAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN KINERJA KEUANGAN Tita Nurvita
JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal dan UMKM (JIBPU)
Publisher : Magister Manajemen Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (664.959 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mencari pengaruh mekanisme corporate governance terhadap kinerja keuangan perbankan syariah yang diproksikan dengan variabel CFROA. Mekanisme Corporate Governance pada penelitian ini diproksikan dengan jumlah rapat direksi, komisaris dan komite di bawahnya sebagai wujud fungsi pengawasan dan proksi pendidikan dewan pengawas syariah sebagai wujud fungsi kecakapan dalam pengelolaan. Penelitian ini menggunakan data bank syariah dan unit usaha syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode tahun 2012 – 2017. Data diolah menggunakan eviews 7.0. Hasil penelitian menjelaskan bahwa variabel Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas Syariah yang masing-masing diproksikan dengan jumlah rapat Dewan Komisaris dan Pendidikan Anggota Dewan Pengawas Syariah memiliki hubungan yang signifikan terhadap Kinerja Perbankan Syariah.
PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS DENGAN SWITCHING COST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA NASABAH PRIORITAS BANK BCA KCP JATIBENING Hasna Dwi Handayani
JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal dan UMKM (JIBPU)
Publisher : Magister Manajemen Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (852.409 KB)

Abstract

Dalam Loyalitas pelanggan, kepuasan memiliki peran penting dalam menumbuhkan loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan tentunya sangat diharapkan oleh perusahaan, loyalitas tidak akan terbentuk jika tidak terdapat kepuasan didalamnya. Dalam hal ini, betapa pentingnya perusahaan memperhatikan kepuasan konsumen dari konsumen-konsumennya sehingga akan terbentuk loyalitas pelanggan yang membuat perusahaan jadi memiliki reputasi yang baik dan memiliki konsumen yang loyal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS. Dengan model mediasi dimana setelah hubungan antara dua variabel terbentuk, adalah lazim bagi para peneliti untuk mempertimbangkan peran variabel lain dalam hubungan ini. Dalam satu modifikasi situasi, efek moderasi, hubungan yang diamati mungkin berbeda pada tingkat yang berbeda dari suatu variabel ketiga. Variabel ketiga yang menjadi mediasi antara kepuasan dan loyalitas adalah switching cost dimana pada penelitian ini peneliti ingin membuktikan apakah jika pelanggan puas akan loyal terhadap perusahaan jika uji tersebut melalui switching cost sebagai mediasi, atau yang menjadi alasan pelanggan menjadi loyal adalah switching cost bukan kepuasan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah Kepuasan pelanggan benar-benar mempengaruhi Loyalitas Pelanggan pada Bank BCA KCP Jatibening jika terdapat Switching Cost didalamnya. Atau akan membuktikan bahwa Switching Cost memiliki peran yang lebih penting terhadap Loyalitas Pelanggan disbanding dengan Kepuasan. Hasil t statistik pada uji regresi Kepuasan terhadap Loyalitas untuk variabel kepuasan adalah sebesar 83,421055, hal ini berarti bahwa Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Namun ketika dilakukan uji regresi kedua dengan memakai model mediasi dengan menambahkan variabel switching cost sebagai variabel intervening, nilai t statistik variabel kepuasan terhadap loyalitas berubah menjadi 0,242271 yang berarti kepuasan tidak memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap loyalitas. Dari uji ini berarti membuktikan bahwa variabel Switching cost memediasi penuh kepuasan terhadap loyalitas.
OPTIMASI PORTOFOLIO DENGAN SINGLE INDEX MODEL Reni Lestari
JURNAL ILMIAH BISNIS, PASAR MODAL DAN UMKM Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal dan UMKM (JIBPU)
Publisher : Magister Manajemen Institut Bisnis Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (808.758 KB)

Abstract

Paper ini bertujuan untuk mengaplikasikan Single Index Model dalam membentuk portofolio optimal. Portofolio dibentuk dari saham-saham terpilih dari Index LQ45 di Bursa Efek Indonesia. Data historis yang digunakan adalah dari tahun 2013 sampai dengan 2018. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 10 saham terpilih yang menjadi portofolio optimal. Proporsi 10 saham tersebut adalah TLKM (16,66%), BBCA (16,57%), ICBP (15,85%), BBRI (12,58%), UNVR (11,65%), GGRM (8,74%), PTBA (8,41), BBNI (5,17%), BMRI (3,38%), dan ADRO (0,99%). Tingkat Expected Return portofolio yang dihasilkan sebesar 1,8% perbulannya dengan tingkat risiko 0,88%.