Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan
Vol 5, No 2 (2018): Inovasi Sekolah Dasar

MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL SUMATERA SELATAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N 24 PALEMBANG

Lisa Putri Oktarina (Universitas Sriwijaya)
Laihat Laihat (Universitas Sriwijaya)
suratmi suratmi (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2019

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis keunggulan lokal Sumatera Selatan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD N 24 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design Experimental dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi dan tes pretest-posttest. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 53,3. Rata-rata pretest kelas kontrol yaitu 47,7. rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu, 75,25 dan kelas kontrol sebesar 65,97. Data pretest dan posttest kelas eksperimen berdistribusi normal dengan nilai km 0,57 dan 0,59. Data pretest dan posttest kelas kontrol berdistribusi normal dengan nilai km -0,25 dan -0,03. Perhitungan hipotesis dengan menggunakan Uji-t yakni uji Polled Varians dan diperoleh t hitung sebesar 3,65 pada taraf signifikan 0,05 dan t table 1,669. Karena nilai signifikan menunjukkan thitung> ttabel, maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model ProblemBased Learning berbasis keunggulan lokal Sumatera Selatan berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD N 24 Palembang. Kata-kata kunci: Pengaruh,Model Problem Based Learning, Berbasis Keunggulan Lokal Sumatera Selatan, IPA.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jisd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Inovasi Sekolah Dasar Journal is a journal which is managed by the Study Programe of Elementary Teacher Education in the Faculty of Education Universitas Sriwijaya. Inovasi Sekolah Dasar Journal already has p-ISSN 2355-7346 and online version e-ISSN 2685-6433. Inovasi Sekolah Dasar Journal publishes ...