Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan
Vol 5, No 2 (2018): Inovasi Sekolah Dasar

MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN PESERTA DIDIK KELAS VB SD NEGERI 11 INDRALAYA

Muhamad Heri Yusuf (Universitas Sriwijaya)
Asnimar Asnimar (Universitas Sriwijaya)
Umar Effendy (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2019

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan peserta didik kelas VB SD Negeri 11 Indralaya dengan menerapkan model Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 3 siklus. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini didapatkan bahwa pada siklus I ketuntasan klasikal peserta didik mencapai 57,6% dengan nilai rata-rata 64,7. Kemudian pada siklus II ketuntasan klasikal peserta didik mencapai 69,2% dengan nilai rata-rata 71,2. Selanjutnya pada siklus III ketuntasan klasikal peserta didik mencapai 80,7% dengan nilai rata-rata 78,5. Dari data observasi selama proses pembelajaran didapatkan pada siklus I pertemuan ke-1 nilai rata-rata 63,7 (kategori cukup aktif) dan pada siklus I pertemuan ke-2 nilai rata-rata 65,1 (kategori cukup aktif) kemudian pada siklus II pertemuan ke-1 nilai rata-rata 69,6 (kategori aktif) dan pada siklus II pertemuan ke-2 nilai rata-rata 72,5 (kategori aktif) kemudian pada siklus III pertemuan ke-1 nilai rata-rata 76,0 (kategori aktif) dan pada siklus III pertemuan ke-2 nilai rata-rata 82,1 (kategori sangat aktif). Dari data tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan menulis laporan pengamatan peserta didik kelas VB SD Negeri 11 Indralaya dan dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning. Kata-kata kunci: Keterampilan menulis laporan pengamatan, Project Based Learning 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jisd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Inovasi Sekolah Dasar Journal is a journal which is managed by the Study Programe of Elementary Teacher Education in the Faculty of Education Universitas Sriwijaya. Inovasi Sekolah Dasar Journal already has p-ISSN 2355-7346 and online version e-ISSN 2685-6433. Inovasi Sekolah Dasar Journal publishes ...