Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan
Vol 5, No 1 (2018): Inovasi Sekolah Dasar

PENGARUH MODEL OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD NEGERI 25 INDRALAYA

Hamdan Hamdan (Universitas Sriwijaya)
Asnimar Asnimar (Universitas Sriwijaya)
Umar Effendy (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2019

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Outdoor Learning terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 25 Indralaya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental research) dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi SD Negeri 25 Indralaya dan sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VB berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VA berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol yang diambil dengan purpose sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Dari hasil perhitungan, didapatkanlah rata-rata nilai Pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 50,20 dan 49,78. Sedangkan rata-rata nilai Posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 68,95 dan 57,61. Analisis data menggunakan uji t-Polled Varians dengan taraf signifikan 5% dan didapatkanlah hasil thitung  > ttabel yaitu 2,29 > 2,01 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model  Outdoor Learningberpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 25 Indralaya Kata-kata Kunci: Model  Outdoor Learning, Kemampuan Menulis Puisi. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jisd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Inovasi Sekolah Dasar Journal is a journal which is managed by the Study Programe of Elementary Teacher Education in the Faculty of Education Universitas Sriwijaya. Inovasi Sekolah Dasar Journal already has p-ISSN 2355-7346 and online version e-ISSN 2685-6433. Inovasi Sekolah Dasar Journal publishes ...