Pena Literasi
Vol 1, No 1 (2018): Pena Literasi

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAPRESIASIKAN NOVEL MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SISWA KELAS IX SMPN 10 PAYAKUMBUH

Sufia Retti (STKIP Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh)



Article Info

Publish Date
22 May 2018

Abstract

penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam mengapresiasi sastra. Hal ini terlihat pada nilai harian siswa yang berada di bawah kriteria ketuntasan minimum. Rendahnya keterampilan mengapresiasi novel tersebut berasal dari rendahnya minat baca siswa. Siswa perlu dihadapkan pada karya novel secara utuh tidak berupa sinopsis. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Data penelitian diperoleh dalam bentuk data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan angket.Data kuantitatif diperoleh melalui tes akhir siklus.Temuan penelitian menunjukan bahwa pembelajaran mengapresiasikan novel siswa meningkat melalui pendekatan kooperatif tipe TPS. Peningkatan tersebut pada hasil tes siklus  1 dengan rata-rata 68,99 dan siklus II 79,22. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan tersebut diantaranya; pemilihan metode yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswa, rencana dan tindakan guru yang tepat, dan memotivasi siswa sehingga bersemangat dan aktif dalam belajar. Kata kunci; peningkatan, keterampilan, mengapresiasi novel, kooperatif

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

penaliterasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pena literasi merupakan jurnal nasional yang berbasis penelitian di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. ...