Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penguasaan gaya bahasa perbandingan terhadap kemampuan siswa dalam menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Dwi Tunggal Tanjung Morawa tahun pembelajaran 2016/2017. Hipotesis penelitian ini adalah penguasaan gaya bahasa perbandingan berhubungan dengan keterampilan menulis puisi. Adapun jenis penelitian ini adalah deskrifsi kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Sampel penelitian berjumlah 40 orang dan teknik pengambilan sampel adalahrandom sampling karena populasi berjumlah 80 orang yang terdiri dari dua kelas dan kelasnya homogen. Data dikumpulkan dengan tes pilihan ganda, dan tes unjuk kerja. Data dianalisis dengan teknik korelasi. Berdasarkan analisis data terdapat hubungan penguasaan gaya bahasa perbandingan terhadap kemampuan siswa menulis puisi kelas VII SMP Dwi Tunggal Tanjung Morawa tahun pembelajaran 2016/2017. Adapun kemampuan siswa menguasai gaya bahasa perbandingan mendapat nilai rata-rata 73,88, selanjutnya siswa menulis puisi memperoleh nilai rata-rata 72,88. Dan berdasarkan perhitungan menggunakan rumus r korelasi Product Moment ditemukan bahwa kemampuan menguasai gaya bahasa berhubungan secara signifikan dengan kemampuan menulis puisidengan koefesien korelasi 0,678 (korelasi kuat) yakni (0,678>0,312), sehingga ditafsirkan bahwa kemampuan menguasai gaya bahasa berhubungan secara signifikan dengan menulis puisi.Kata kunci: hubungan, penguasaan, gaya bahasa perbandingan, menulis puisi
Copyrights © 2018