SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 1 (2019): Jurnal SeBaSa

Perbedaan Hasil Belajar Teknik Penulisan Karya Ilmiah Antara Mahasiswa Yang Dibelajarkan Menggunakan Metode Drill and Practice Dengan Metode Tutorial

Padlurrahman, Padlurrahman ( Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
15 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata kuliah teknik penulisan karya ilmiah antara mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan metode drill and practice dengan metode tutorial pada program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di FKIP Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini termasuk penelitian komparatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasy experiment. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Hamzanwadi. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil analisis varians menunjukkan bahwa thitungĀ  4,60 > ttabel= 1,68 pada taraf signifanksi 95% sehingga ada perbedaan hasil belajar teknik penulisan karya ilmiah mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan metode drill and practice dengan metode tutorial. Selanjutnya jika dilihat dari rata-rata yang diperoleh maka hasil belajar mata kuliah teknik penulisan karya ilmiah mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan metode drill and practice lebih tinggi dibandingkan dengan metode tutorial.Kata Kunci : hasil belajar, metode drill and rractice, metode tutorial

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sbs

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

SEBASA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah berkala ilmiah yang dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Hamzanwadi. Jurnal ini menerima artikel dari dosen, peneliti, mahasiswa, atau pemerhati yang berupa hasil penelitian, hasil ...