Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata kuliah teknik penulisan karya ilmiah antara mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan metode drill and practice dengan metode tutorial pada program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di FKIP Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini termasuk penelitian komparatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasy experiment. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Hamzanwadi. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil analisis varians menunjukkan bahwa thitungĀ 4,60 > ttabel= 1,68 pada taraf signifanksi 95% sehingga ada perbedaan hasil belajar teknik penulisan karya ilmiah mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan metode drill and practice dengan metode tutorial. Selanjutnya jika dilihat dari rata-rata yang diperoleh maka hasil belajar mata kuliah teknik penulisan karya ilmiah mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan metode drill and practice lebih tinggi dibandingkan dengan metode tutorial.Kata Kunci : hasil belajar, metode drill and rractice, metode tutorial
Copyrights © 2019