Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)

SURVEI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA SUKU MARIND, ASMAT DAN MUYU PADA SISWA SMA KOLESE PENDIDIKAN GURU TAHUN AJARAN 2017/2018

Syamsudin Syamsudin (Universitas Musamus)
Elias Antonio Ohoilulin (SMA KPG Khas Papua Merauke)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2018

Abstract

Abstrak: Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Suku Marind, Asmat dan Muyu padaSiswa SMA Kolese Pendidikan Guru Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa putra suku Marind, Asmat dan Muyu SMAKolese Pendidikan Guru Khas Papua Kabupaten Merauke Tahun ajaran 2017/2018. Sampelpenelitian diambil pada SMA KPG Khas Papua Merauke dikarenakan siswa di sekolahtersebut didominasi oleh 3 suku tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa putra sukuMarind, Asmat dan Muyu SMA Kolese Pendidikan Guru Khas Papua Kabupaten Meraukesebanyak 60 orang yang terdiri dari kelompok suku Marind 20 orang, kelompok suku Asmat20 orang dan suku Muyu 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah teskebugaran jasmani Indonesia (TKJI) 2010. Hasilnya, didapatkan bahwa kelompok siswaMarind memiliki nilai rata-rata tingkat kebugaran jasmani 16,35 dengan kategori sedang,kelompok siswa suku Asmat memiliki nilai rata-rata 15,05 dengan kategori sedang, dankelompok siswa suku Muyu memiliki nilai rata-rata tingkat kebugaran jasmani 15,90 dengankategori sedang. Kesimpulannya, kelompok siswa suku Marind memiliki tingkat kebugaranjasmani lebih baik dari suku Asmat dan Muyu, sementara kelompok siswa suku Muyu lebihbaik dari kelompok siswa suku Asmat. Siswa suku Marind mendominasi tes kekuatan, siswasuku Asmat mendominasi Kekuatan lengan atau tungkai atas sementara siswa suku Muyumendominasi Kecepatan. (Abstract).Kata Kunci: Tingkat kebugaran, siswa Papua

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

physical

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The aims of Musamus Journal of Physical Education and Sport (JPES) is to provide a venue for academicians, researcher, and practitioners of publisihing the original research articles or review ...