cover
Contact Name
Adi Sumarsono
Contact Email
adi@unmus.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
adi@unmus.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. merauke,
P a p u a
INDONESIA
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Published by Universitas Musamus
ISSN : 26227827     EISSN : 26227835     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The aims of Musamus Journal of Physical Education and Sport (JPES) is to provide a venue for academicians, researcher, and practitioners of publisihing the original research articles or review article.
Arjuna Subject : -
Articles 199 Documents
SURVEI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA SUKU MARIND, ASMAT DAN MUYU PADA SISWA SMA KOLESE PENDIDIKAN GURU TAHUN AJARAN 2017/2018 Syamsudin Syamsudin; Elias Antonio Ohoilulin
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v1i1.1094

Abstract

Abstrak: Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Suku Marind, Asmat dan Muyu padaSiswa SMA Kolese Pendidikan Guru Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa putra suku Marind, Asmat dan Muyu SMAKolese Pendidikan Guru Khas Papua Kabupaten Merauke Tahun ajaran 2017/2018. Sampelpenelitian diambil pada SMA KPG Khas Papua Merauke dikarenakan siswa di sekolahtersebut didominasi oleh 3 suku tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa putra sukuMarind, Asmat dan Muyu SMA Kolese Pendidikan Guru Khas Papua Kabupaten Meraukesebanyak 60 orang yang terdiri dari kelompok suku Marind 20 orang, kelompok suku Asmat20 orang dan suku Muyu 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah teskebugaran jasmani Indonesia (TKJI) 2010. Hasilnya, didapatkan bahwa kelompok siswaMarind memiliki nilai rata-rata tingkat kebugaran jasmani 16,35 dengan kategori sedang,kelompok siswa suku Asmat memiliki nilai rata-rata 15,05 dengan kategori sedang, dankelompok siswa suku Muyu memiliki nilai rata-rata tingkat kebugaran jasmani 15,90 dengankategori sedang. Kesimpulannya, kelompok siswa suku Marind memiliki tingkat kebugaranjasmani lebih baik dari suku Asmat dan Muyu, sementara kelompok siswa suku Muyu lebihbaik dari kelompok siswa suku Asmat. Siswa suku Marind mendominasi tes kekuatan, siswasuku Asmat mendominasi Kekuatan lengan atau tungkai atas sementara siswa suku Muyumendominasi Kecepatan. (Abstract).Kata Kunci: Tingkat kebugaran, siswa Papua
MODEL ALAT PEMBELAJARAN RUNNING JET RESISTANCE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA SD WASUR MEMPELAJARI MATERI LARI SPRINT Ahmad Badawi; Indra Fitriyatno; Afif Khoirul Hidayat
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v1i1.1096

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan alatpembelajaran running jet resistance yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasisiswa Sekolah Dasar Wasur mengikuti pebelajaran pendidikan jasmani. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah research and development. Subjek dalam penelitian iniadalah sebanyak 54 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalahteknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Pada metode research and development teknikanalisis kualitatif berupa penilaian, kritik, serta saran yang dikemukakan oleh ahli pendidikanak, sedangkan teknik analisis kuantitatif dalam penelitian ini berupa analisis terhadap nilaijawaban pertanyaan yang diberikan oleh anak Suku Marind sebagai subjek penelitian.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa alat pembelajaran running jet resistancememiliki kualitas yang sangat baik. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya skormotivasi siswa mempelajari lari sprint adalah 91.43% sangat baik, 5.71% baik, 2.86% cukupdan 0% tidak baik, serta rerata persentase skor penilaian kualitas produk alat pembelajaranrunning jet resistance sebesar 98.54%.Kata Kunci: Model, Running, Jet, Resistance, Sprint
HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT TUNGKAI KAKI TERHADAP KEMAMPUAN VERTIKAL JUMP PADA PEMAIN BOLA VOLI PUTRI UNIT KEGIATAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUSAMUS MERAUKE Hendra Jondry Hiskya
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v1i1.1097

Abstract

Abstrak: Adapun tujuan dilaksanakan penelitian oleh penulis adalah untuk mengetahuiHubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai Kaki Terhadap Kemampuan Vertikal Jump padaPemain Bola Voli Putri Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Musamus Merauke. Jumlahmahasiswa yang dijadikan sebagai sampel adalah sebanyak 15 orang dengan menggunakan totalsampling. Penelitian yang dilakukan dengan metode analisis data uji korelasi denganmenggunakan (1) rumus product moment yang dikembangkan oleh Sutrisno Hadi, (2) ujisiknifikasi. Data yang diambil dilakukan melalui tes kemudian diuji kebenarannya dengan tabelsiknifikasi pada derajat kebebasan 13 pada taraf siknifikasi 5% (0,533). Didasarkan pada hasilpengujian dan pembahasan diketahui bahwa Rata–rata kekuatan otot tungkai kaki 39,3 Kg danrata–rata kemampuan vertikal jump adalah 44,93 Cm, ini menunjukkan bahwa kenaikan variabelx (kekuatan otot tungkai kaki) akan dihasilkan kenaikan variabel y (kemampuan vertikal jump).Setelah dianalisa diperoleh rhitung sebesar 0.949 sedangkan rtabel pada 13 Maka r hitung > padataraf signifikan 5% =0,553 pada (Ho) ditolak dan (Ha) diterima, jadi penelitian antara kekuatanotot tungkai kaki terhadap kemampuan vertikal jump pada pemain bola voli putri Unit KegiatanMahasiswa Universitas Musamus Merauke tahun akademik 2012/2013 diterima dan signifikandengan kategori sangat tinggi dan kuat.Kata Kunci : Kekuatan Otot Tungkai, Vertikal Jump
IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN PJOK DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) SE-KOTA MERAUKE adi sumarsono; Emanuel Lewar; Carolus Wasa
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v1i1.1098

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini mengetahui 1) implementasi penilaian autentik dalampembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sesuai dengan standartpenilaian di MTs se kotaMerauke. 2) Kendala guru mengimplementasikan penilaian autentikdalam pelajaran PJOK di MTs se Kota Merauke. Penelitian ini merupakan penelitiandeskriptif kuantitatif. Jumlah subyek dalam penelitian ini sebanyak 12 guru. Instrumen yangdigunakan dalam penelitian ini adalah angket serta wawancara terstruktur. Teknik analisisdata yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik-deskriptif dalam bentuk persentase.Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa:1) guru PJOK di MTs se kota Merauke sudahmengimplementasikan penilaian autentik dengan kategori baik, hal ini didukung pendapatsiswa sebagai konfirmator pada kategori sangat baik. Implementasi penilaian autentik secararinci dari aspek perencanaan dan pelaporan kategori baik, aspek pelaksanaan masih kategoricukub baik. Sedangkan aspek penilaian pengetahuan, aspek penilaian sikap dan aspekpenilaian keterampilan masuk dalam kategori baik 2) kendala guru PJOK dalammengimplementasikan penilaian autentik dalam pembelajarannya adalah waktu yang terbatas,biaya yang lebih banyak, banyaknya komponen/kriteria dalam penilaian autentik, kurangnyamotivasi dalam mengikuti pembelajaran yang inovatif dangen penilaian autentik serta saranayang dimiliki sekolah yang masih belum maksimal (masih terbatas).Kata Kunci: penilaian autentik, PJOK MTs
HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS XI MIPA-3 SMA NEGERI 1 MERAUKE Chyntia novita kalalo
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v1i1.1099

Abstract

Abstrak: Masa remaja adalah masa dimana perubahan perilaku anak-anak menuju dewasa.Konsep diri adalah citra mental seseorang terhadap dirinya sendiri. Bullying adalah tindakanbermusuhan yang dilakukan secara sadar dan disengaja yang bertujuan untuk menyakitiorang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan perilakubullying pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Merauke. Metode: Penelitian ini menggunakandesain penelitian cross sectional study. Sampel dalam penelitian berjumlah 32 siswa,pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh. Analisa data dilakukan untukmengetahui hubungan antara konsep diri dengan kecenderungan perilaku bullying pada siswakelas XI MIPA-3 SMA Negeri 1 Merauke, menggunakan uji statistik chi square (X²) dengantingkat kemaknaan 95 % (α < 0.05) . Hasil: hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diripositif dengan kecenderungan perilaku bullying ringan sebanyak 15 orang (83.3%).Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan uji chi square diperoleh nilai p = 0.044(α < 0.05), yang mana menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara konsep diri dengankecenderungan perilaku bullying. Dari penelitian ini diharapkan dapat menambahpengetahuan dan untuk penelitian selanjutnya dapat dikembangkan dengan mengontrol faktorlain misalnya harga diri, citra tubuh, ras, suku maupun peran orang tua/keluarga.Kata Kunci: Konsep Diri, Kecenderungan Perilaku Bullying
MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN BOGET Mansyah Rudin Subarkah
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 1 No 2 (2019): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v1i2.1142

Abstract

This study aims to improve the learning outcomes of passing soccer withmodifications to the Boget game. This research is a classroom action research conducted in 2cycles, each cycle consisting of 2 meetings. The place of research was conducted in Merauke3 Public High School. The subjects of this study were students of class X MIPA 4 in SMA N3 Merauke, totaling 29 students, consisting of 14 male students and 15 female students. Theresearch instruments used were: the format of aspects of the assessment of affective aspects,LKS, the format for evaluating psychomotor aspects. The results showed that the applicationof Boget game modification could improve the results of passing soccer learning in class XMIPA 4 SMA N 3 Merauke, which was marked by an increased understanding of studentlearning outcomes in each cycle. In the first cycle the average value of student learningoutcomes is complete at 31.03% which is in the interval 64-74 quite good category. In thesecond cycle the average value of student learning outcomes increased completely by 89.65%which was in the interval of 86-100 very good categories.
ALAT PERMAINAN TRADISIONAL RODA DORONG UNTUK MENSTIMULASI KREATIVITAS DAN GERAK Adi Sumarsono; Iswahyuni Iswahyuni
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 1 No 2 (2019): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v1i2.1143

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat permainan tradisional yangdidasari oleh kebutuhan akan jenis permainan yang sudah semakin langka. Produkpengembangan berupa alat permainan tradisional dengan nama roda dorong. Produkpengembangan dapat digunakan untuk menstimulasi kreatifitas dan gerak anak. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah research and development. Hasil penelitian ini adalahterciptanya alat permainan tradisional yang dapat digunakan untuk menstimulasi kreativitasdan gerak anak. Alat permainan tradisional yang dihasilkan mendapat penilaian dari ahlidalam kriteria “baik” dengan persentase sebesar 80%. Berdasar hasil uji lapangan didapatkanpersentase penilaian ahli dan pendapat pengguna produk sebesar 82% yang masuk dalamkriteria “sangat baik”. Dengan demikian alat permainan tradisional roda dorong layak untukdigunakan dalam menunjang dan menstimulasi kreativitas dan aneka gerak melalui kegiatanbermain.Kata kunci: alat permainan, kreatifitas dan gerak
EVALUASI KINERJA DOSEN DI JURUSAN PENJASKESREK UNIVERSITAS MUSAMUS MERAUKE PAPUA Carolus Wasa
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 1 No 2 (2019): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v1i2.1147

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu kinerja dosen dalam bidang pengajaran,penelitian dan pengembangan karya ilmiah dalam bidang Penjaskesrek, pengabdian padamasyarakat, dan tugas penunjang tridharma perguruan tinggi. Jenis penelitian ini adalahpenelitian evaluasi. Subjek dari penelitian ini sebanyak tujuh orang Dosen di JurusanPenjaskesrek Universitas Musamus Merauke. Pengumpulan data dilakukan denganmenggunakan teknik angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptifkuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja dosen di Jurusan PenjaskesrekUniversitas Musamus Merauke kurang. Untuk bidang pendidikan dan pengajaran sangat baik,untuk bidang penelitian sangat kurang, untuk bidang pengapdian pada masyarakat kurang,untuk bidang penunjang tridharma perguruan kurang.Kata Kunci: evaluasi, kinerja dosen
MODEL LATIHAN UNTUK MENGEMBANGKAN BIOMOTOR ENDURANCE PESILAT REMAJA Nova Aulia Rahman
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 1 No 2 (2019): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v1i2.1149

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model latihan daya tahan untukatlet pencak silat remaja, (2) mengetahui efektivitas model latihan yang dikembangkan untukmeningkatkan daya tahan atlet pencak silat remaja. Prosedur pengembangan dalam penelitianini mengacu pada langkah-langkah yang diadaptasi dari model Borg & Gall, yang terdiri daristudi pendahuluan, pengembangan dan validasi ahli, uji coba skala kecil dan revisi, uji cobaskala besar dan revisi, pembuatan produk akhir. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1)Hasil pengembangan adalah model latihan untuk meningkatkan daya tahan biomotor atletpencak silat remaja yang terdiri dari 10 model latihan dalam bentuk buku pedoman dan DVDyang sesuai. (2) Hasil uji efektivitas latihan ketahanan menunjukkan bahwa hasil uji-t untukdata pre-test dan post-test adalah signifikan dengan p = 0,000. Oleh karena itu, latihan ituefektif untuk meningkatkan daya tahan atlet pencak silat remaja.Kata Kunci: model latihan, pencak silat
SUMBANGAN DUA METODE LATIHAN AGILITY TERHADAP KOORDINASI KAKI PADA PEMAIN FUTSAL Adi Sumarsono; Landy Eko Satrio Ramadona
Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) Vol 1 No 2 (2019): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Publisher : Program Studies of Physical Education, Faculty of Teacher Training and Education, Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjpes.v1i2.1144

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas alat agility leader dan alathurdle drill terhadap koordinasi kaki. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota UKM Futsal. Instrumen yang digunakan tessoccer wall volley test dari Ismaryanti. Penggujian hipotesis menggunakan independentsample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan perhitungan rata-rata data posttest diperolehthitung=1,23 lebih kecil daripada ttabel 2,54 yang berarti bahwa Ho diterima dan H1 ditolak.Sehingga kesimpulannya adalah tidak ada perbedaan kemampuan koordinasi anggota FutsalUKM Universitas Musamus. Namun sesuai dengan kriteria efektifitas latihan yang sudahditetapkan, terlihat alat agility leader lebih efektif dari pada latihan menggunakan alat hurdledrill. Hal ini dapat dijelaskan bahwa penggunaan alat latihan agilty leader dilakukan denganbergerak lurus sesuai arah tangga. Hal ini berbeda dengan alat Hurdle drill yangmengharuskan kaki untuk berhenti dan melompat.Kata Kunci: hurdle drill, agility leader dan koordinasi kaki

Page 1 of 20 | Total Record : 199