Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)
Vol 1 No 1 (2018): Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES)

HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS XI MIPA-3 SMA NEGERI 1 MERAUKE

Chyntia novita kalalo (Universitas Musamus)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2018

Abstract

Abstrak: Masa remaja adalah masa dimana perubahan perilaku anak-anak menuju dewasa.Konsep diri adalah citra mental seseorang terhadap dirinya sendiri. Bullying adalah tindakanbermusuhan yang dilakukan secara sadar dan disengaja yang bertujuan untuk menyakitiorang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan perilakubullying pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Merauke. Metode: Penelitian ini menggunakandesain penelitian cross sectional study. Sampel dalam penelitian berjumlah 32 siswa,pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh. Analisa data dilakukan untukmengetahui hubungan antara konsep diri dengan kecenderungan perilaku bullying pada siswakelas XI MIPA-3 SMA Negeri 1 Merauke, menggunakan uji statistik chi square (X²) dengantingkat kemaknaan 95 % (α < 0.05) . Hasil: hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diripositif dengan kecenderungan perilaku bullying ringan sebanyak 15 orang (83.3%).Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan uji chi square diperoleh nilai p = 0.044(α < 0.05), yang mana menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara konsep diri dengankecenderungan perilaku bullying. Dari penelitian ini diharapkan dapat menambahpengetahuan dan untuk penelitian selanjutnya dapat dikembangkan dengan mengontrol faktorlain misalnya harga diri, citra tubuh, ras, suku maupun peran orang tua/keluarga.Kata Kunci: Konsep Diri, Kecenderungan Perilaku Bullying

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

physical

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The aims of Musamus Journal of Physical Education and Sport (JPES) is to provide a venue for academicians, researcher, and practitioners of publisihing the original research articles or review ...