Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 2, No 1 (2019): ( Mei ) Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia

KOMPARASI PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN METODE TEAMS-GAMES TOURNAMENT DAN TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI AJAR TATA NAMA SENYAWA KELAS X SMA NEGERI 12 BANJARMASIN

Siti Mahmudah (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari)
Fitrah Yuridka (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari)
Mohan Taufiq Mashuri (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari)



Article Info

Publish Date
01 May 2019

Abstract

Penelitian  ini  dilaksanakan  di SMA Negeri  12  Banjarmasin  dengan tujuan  untuk  mengetahui  ada  tidaknya  perbedaan  hasil  belajar  menggunakan metode TGT (Teams Games Tournament) dan metode TAI (Team Assisted Individualization) pada materi tata nama senyawa. Penelitian ini merupakan penelitian   eksperimen   semu   (quasi-experimental   research).   Populasi   pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 12 Banjarmasin yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas X MIA 1, X MIA 2, dan X MIA 3. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Dari hasil analisis data dengan uji -t diperoleh nilai thitung (2,999) > ttabel (1,683), yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan metode TGT dan metode TAI pada materi ajar tata nama senyawa, dimana rata-rata nilai hasil belajar kelas yang menggunakan metode TAI sebesar79,62 lebih tinggi daripada kelas metode TGT sebesar 72,45. Untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa, pembelajaran dengan menggunakan metode TGT dan TAI dapat  menjadi  bahan  pertimbangan  oleh guru-guru  kimia sebagai  variasi dalam melaksanakan pembelajaran kimia.This research was done in SMA Negeri 12 Banjarmasin by aiming to know if there was a difference between learning outcomes by using TGT (Teams- Games Tournament) and TAI (Team-Assisted Individualization) method on compounds nomenclature topic. It was a quasi-experimental research. The population  in this study  were  all students  of class  X MIA in  SMA Negeri  1 Banjarmasin consisting of 3 classes, namely class X MIA 1, X MIA 2, and X MIA 3. The samples in this study were class X MIA 2 as the experimental class 1 and class X MIA 3 as the experimental class 2. The data technique used in this study was a test. From the results of data analysis with t-test obtained tcount  (2.999) > ttable (1.683), which meant that there was difference in learning outcomes using the TGT and TAI methods on compound nomenclature, where the average learning outcomes of the TAI class was 79.62 which was higher than the TGT class, 72.45. In  order  to improve  student  learning  outcomes,  learning  using  TGT and  TAI methods can be taken into consideration by chemistry teachers as variations in learning.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

daltonjurnal

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Merupakan jurnal dalam bidang pendidikan kimia dan ilmu kimia di program studi pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal, terbit setiap mei dan November (e-issn: 2621-3060). Pada bidang ilmu ...