Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran
Vol 9, No 1 (2019)

Pengembangan Bahan Ajar Materi Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Jawa Timur Bagi Siswa Kelas III SD

Karimatus Saidah (UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI)
Rian Damariswara (FKIP, Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2019

Abstract

Abstrak  Tujuan dari penelitian ini adalah (1)untuk mengembangkan bahan ajar materi dongeng yang di peruntukkan kelas tiga sekolah dasar dengan mengangkat kearifan lokal Jawa Timur (2) Mengetahui kevalidan bahan ajar materi dongeng yang telah dikembangkan (3) Mengetahui kepraktisan bahan ajar materi dongeng yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh borg & Gall.Tahapan borg and gall diantaranya sebagai berikut a.analisiskebutuhan danpengumpulandata, b. Tahap perencanaan, c. pengembangan rancangan produk, d. ujitahap awal(validasi), e. revisiprodukawal f. ujicobalapangan terbatas, g. revisiproduk, h. uji lapangan, i. penyempurnaanprodukakhir, j. diseminasidanimplementasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang di kembangkan dinyatakan sangat valid, sangat tuntas dan dapat digunakan dengan skor 85.8% berdasarkan hasil validasi dari ahli pembelajaran Bahasa Indonesia. Untuk mengetahui kepraktisan bahan ajar dilakukan validasi kepada pengguna dan uji coba. Hasl validasi pengguna menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan dengan skor 91 %. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa siswa dapat menggunakan bahan ajar dengan baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PE

Publisher

Subject

Education

Description

PREMIERE EDUCANDUM: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and ...