Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas melalui kegiatan bermain pada sentra persiapan di TK Kemala Bhayangkari 29 Kota Jambi. Sentra bermain adalah sentra yang mempersiapkan anak untukmenuju pendidikan kejenjang sekolah dasar yaitu pembelajaran baca tulis hitung. Sedangkan pembelajaran di PAUD dilarang belajar baca tulis hitung yang diterapkan di SD, sebaiknya dilakukan melalui bermain, sehingga anak tidak bosan dan jenuh sehingga diterapkan melalui bermain Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (clasroom action research) yang bersifat adanya kerja sama dengan guru kelas. Desain penelitian yang digunakan mengadopsi model spiral. Subjek Penelitian Tindakan Kelas berjumlah 20 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi atau pengamatan dan dokumen. Instrumen yang digunakan lembar observasi dan dokumen. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan bermain pada sentra persiapan yang dilakukan secara individu, dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak pada kondisi pra Siklus berkreteria baik sebanyak tiga anak, sedangkan kondisi Siklus 1 mengalami peningkatan sedikit kenaikan menjadi 5 anak, sedangkan pada kondisi siklus 2 mengalami peningkatan sebanyak 17 anak. Adapun langkah-langkah pelaksanaan antara lain (1) guru memberikan apersepsi tema (2) memberikan penjelasan secara klasikal cara bermain di sentra persiapan (3) guru menjelaskan dan contoh dengan alat yang disediakan sesuai dengan tema (4) pembelajaran dilakukan dengan setting kelas baik di dalam maupun di luar kelas dengan tahap bermain pada sentra persiapan (5) guru memberi bimbingan dalam kegiatan bermain di sentra persiapan.
Copyrights © 2019