cover
Contact Name
Ade Indra Saputra
Contact Email
admin@literasikitaindonesia.com
Phone
+6285227281672
Journal Mail Official
admin@literasikitaindonesia.com
Editorial Address
-
Location
Kab. muaro jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Literasiologi
ISSN : 27455440     EISSN : 26563320     DOI : https://doi.org/10.47783/literasiologi
Core Subject : Education, Social,
Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan tradisi dan kehidupan pendidikan, sosial yang ramah dan damai walaupun hidup dengan keberagaman, kemajemukan semua dibingkai dengan persatuan dan kesatuan “bhineka tunggal ika” yang tertulis dan terpublish.
Arjuna Subject : -
Articles 315 Documents
PENINGKATAN MAHARAH AL KITABAH MELALUI PENERAPAN MEDIA LAUHAH AL JUYUB PADA SISWA MTsN ACEH UTARA Yogia Prihartini; Wahyudi yudi; Nuraini aini
Jurnal Literasiologi Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v1i1.4

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab yang diajarkan di Madrasah Tsanawiyah bertujuan agar siswa dapat berkomunikasi secara lisan dan tulis dengan bahasa Arab. Selanjutnya inti dari maharah al-kitabah adalah agar siswa dapat mengungkapkan perasaan secara tulisan, namun kenyataan menunjukkan bahwa nilai siswa dalam pembelajaran maharah al-kitabah kurang memuaskan. Selain itu, pengalaman peneliti sebagai tenaga pengajar Bahasa Arab juga merasakan adanya permasalahan dalam pembelajaran kitabah ini, yaitu siswa kurang minat untuk belajar sehingga pelajaran Bahasa Arab dipandang sebagai pelajaran yang menakutkan. Oleh karena itu peneliti mencari solusi untuk menyelesaikan persoalan yang menjadi PR berat bagi guru Bahasa Arab khususnya yaitu dengan menerapkan sebuah media yang bertujuan agar dapat meningkatkan pembelajaran kitabah dan menyenangkan, maka pembelajaran dengan teknik penerapan media lauhah al-juyub diharapkan dapat menjadi solusi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IX.B semester satu MTsN 4 Aceh Utara Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan media Lauhah al Juyub dapat meningkatkan pembelajaran maharah al-kitabah dan respon siswa terhadap pembelajaran adalah aktif, kreatif dan menyenangkan.
PERAN DAN KREDIBILITAS BADAN AKREDITASI NASIONAL SEKOLAH/MADRASAH (BAN S/M) MEWUJUDKAN SEKOLAH EFEKTIF MELALUI MANAJEMEN MUTU Sumarto Sumarto
Jurnal Literasiologi Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v1i1.6

Abstract

Sekolah efektif adalah sekolah yang menghasilkan prestasi akademik peserta didik yang tinggi, menggunakan sumber daya secara cermat, adanya iklim sekolah yang mendudukung kegiatan pembelajaran yang berkualitas, adanya kepuasan setiap unsur yang ada di sekolah, serta output sekolah dapat bermanfaan bagi lingkungannyaSekolah efektif memiliki manajemen yang baik, mulai dari proses yang dilakukan oleh sekolah; proses kegiatan belajar mengajar, proses perencanaan pembiayaan, sarana prasarana sampai kepada perencanaan kerja sama untuk meningkatkan kualitas dan daya saing sekolah. Proses pelaksanaan harus juga sesuai dengan perencanaan yang sudah dilakukan dengan beberapa target yang harus di capai untuk terwujudnya visi dan misi yang sudah di susun oelh sekolah. Pelaksanaan yang baik dengan pengorganisasian yang rapi, yaitu mengatur setiap komponen dalam menjalankan tugasnya masing-masing sehingga roda organisasi sekolah dapat berjalan walaupun dengan adanya problem yang datang. Setiap pencapaian dari sekolah harus di evaluasi untuk tujuan peningkatan sekolah, tentunya dapat menjadi sekolah efektif. Pentingnya mutu dalam setiap siklus fungsi manajemen yang di lakukan, sehingga out put dan out come sekolah sesuai dengan standart, sehingga sekolah berjalan dengan mutu yang baik dan mampu bersaing dalam dunia global.
Analisis Fatwa DSN-MUI NO: 98/DSN-MUI/XII/2015 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan Syariah Rofifa Dhia ‘Athifa; Mohammad Ghozali
Jurnal Literasiologi Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v1i1.7

Abstract

Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan merupakan suatu penyelenggaraan perlindungan sosial di bidang kesehatan untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak di bidang kesehatan. Namun perlu diperhatikan bahwa landasan dan konsep dari Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan ini belum syariah. Akhirnya, ijma’ ulama memutuskan untuk mengeluarkan Fatwa DSN-MUI NO: 98/DSN-MUI/XII/2015 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan Syariah sebagai landasan atau konsep BPJS Kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Fatwa DSN-MUI NO: 98/DSN-MUI/XII/2015 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan Syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fatwa DSN-MUI NO: 98/DSN-MUI/XII/2015 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan Syariah belum terkonsep secara detail dan pengaplikasian terhadap fatwa tersebut masih kurang terutama pada nomor 5 ayat (1), (2) dan (3) tentang Ketentuan terkait Dana Jaminan Sosial Bernilai Negatif, Nomor 4 ayat (1), (3) dan (5) tentang Ketentuan terkait Iuran dan Layanan. Nomor 8 ayat (1), poin a, b dan c tentang Ketentuan terkait Sanksi.
IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWAROH KAB. KEPAHIANG PROVINSI BENGKULU Rodiah Rodiah
Jurnal Literasiologi Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v1i1.8

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada penerapan pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Al-Munawwaroh kepahiang. Pesantren ini merupakan pesantren yang secara kelembagaan berbentuk khalafi meskipun demikian pesantren ini tetap mempertahankan tradisi lama yaitu pembelajaran kitab kuning dengan metode sorogan bahkan metode sorogan menjadi sebuah kebijakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan pembelajaran kitab kuning, pelaksanaan, metode faktor pendukung dan penghambat, kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran kitab kuning dengan metode sorogan di Pondok Pesantren Al-Munawwaroh Kabupaten Kepahiang. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah pimpinan pondok, ustad/ustazah dan santri pengumpulan data dengan mengunakan teknik utama observasi, wawancara, dokumentasi, kemudian teknik pengolahan data mengunakan keabsahan data reduksi data, display data, analisis data. Dan untuk untuk interpestasi data dengan menafsirkan dalam bentuk uraian. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Implementasi metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning ini dipondok pesantren Al-Munawwaroh ini dianggap metode yang paling utama atau yang paling menonjol dalam pembelajaran kitab kuning diantara metode lain di pondok pesantren Al-Munawwaroh. Ini karena metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning ini dapat menanamkan sikap percaya diri, rasa tanggung jawab dan terjalin interaksi antara kyai, ustad/ustazah maupun santri dimana santri dapat diarahkan atau dibimbing dengan ustad/ustazah secara langsung jadi santri akan mudah untuk memahami isi dari kitab kuning tersebut. Walaupun ada beberapa kendala yang dihadapi dalam pembelajaran kitab kuning tentunya waktu yang begitu panjang dan membutukan kesabaran, ketekunan, dan kedisiplinan yang ekstra dengan metode sorogan namun bukanlah suatu halangan untuk tetap mempertahan tradisi lama supaya dapat mencapai suatu tujuan yaitu pembelajaran kitab kuning dengan metode sorogan.
PENGAJARAN ANAK DALAM PERSPEKTIF HADITS (Implementasi Rasulullah dalam Mendidik Anak) Maryani yani
Jurnal Literasiologi Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v1i1.9

Abstract

Konsep pengajaran anak dalam Islam ialah usaha untuk membimbing dan mengembangkan potensi manusia secara optimal agar dapat digunakan dalam memerankan dirinya sebagai pengabdi dan khalifah Allah SWT yang setia Kegiatan mengajar dan mendidik anak sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah Rasul secara implisit merupakan amalan jariah, bagi orang tua, guru dan aktivis. Kegiatan mendidik anak sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah Rasul tersebut merupakan suatu ilmu yang diambil manfaatnya oleh orang lain, dalam hal ini di ambil manfaatnya oleh kalangan anak-kanak. Orang tua dan guru mengajar dan anak menjadi mengerti karenanya. Sedangkan bagi anak dengan pendidikan tersebut akan membentuk menjadi anak muslim yang shalih shalihah.
IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK DI SMP KREATIF ‘AISYIYAH REJANG LEBONG Muhammad Amin; Sandya Suci Larasati; Irwan Fathurrochman
Jurnal Literasiologi Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v1i1.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana manajemen kesiswaan yang dilaksanakan di SMP Kreatif ‘Aisyiyah Rejang Lebong; (2) upaya manajemen kesiswaan unutk meningkatkan prestasi non akademik siswa SMP Kreatif ‘Aisyiyah; (3) faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan manajemen kesiswaan di SMP Kreatif ‘Aisyiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis melalui pengidentifikasian data, pengklafikasian data, penganalisisan data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kesiswaan mengatur siswa untuk meningkatkan prestasi non akademik mulai dari perencanaan kesiswaan, penerimaan kesiswaan, pengorganisasian siswa, orientasi siswa, absensi siswa, pembinaan dan pelayanan siswa, organisasi siswa, penilaian siswa, mutasi dan alumni siswa. Upaya manajemen kesiswaan untuk meningkatkan pretasi non akademik siswa yaitu merencanakan prestasi non akademik siswa, mengelompokkan siswa sesuai bakat dan minat yang dipilihnya, dan pembinaan prestasi non akademik dengan baik. Faktor pendukung manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa SMP Kreatif ‘Aisyiyah terbagi menjadi dua, yaitu dorongan dari dalam (sikap terhadap belajar, motivasi belajar, konsentrasi, menyimpan perolehan hasil belajar, rasa percaya diri, intelegensi, kebiasaan dan cita-cita siswa) dan dorongan dari luar (orang tua, guru atau pembina, sarana dan prasarana, lingkungan sosial), sedangkan faktor penghambatnya sarana prasarana dan siswa.
REALITAS HOAX DALAM PANDANGAN AL-QUR’AN Fitrianingsih Fitri
Jurnal Literasiologi Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v1i1.12

Abstract

Perkembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di era globalisasi sangatlah cepat dan mudah. Dengan teknologi yang sangat canggih, manusia dapat dengan mudah melakukan komunikasi dan tukar menukar informasi. Namun dalam perkembangannya, TIK memiliki dua sisi yang berbeda, yakni bersifat positif bila digunakan untuk suatu hal yang benar dan bersifat negatif bila digunakan untuk hal yang salah. Berita bohong atau hoax yang menyebar dikalangan masyarakat baik secara langsung maupun melalui media sosial memiliki varian dan dimensi yang beragam. Faktor yang melatarbelakangi munculnya berita hoax tersebut salah satunya dimanfaatkan oleh musuh-musuh Islam untuk memerangi kaum muslimin. Penelitian ini bersifat kepustakaan, maka teknis yang digunakan adalah dengan mencari data-data dari kitab tafsir al Quran berkaitan dengan penafsiran terhadap ayat hoax dalam perspektif al Quran, serta dari berbagai sumber berupa buku, jurnal, maupun media internet yang membahas masalah yang terkait dengan obyek pembahasan. Dari penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penafsiran para mufassir tentang ayat-ayat hoax dalam persepektif al Quran yaitu surah An-Nuur ayat 11-19 yang menyatakan bahwa suatu fitnah atau tuduhan yang disebarkan oleh orang munafik kepada ummul mukminin berdampak sesat menyesatkan. Hoax merupakan konspirasi untuk mengalahkan lawan atau musuh. Hoax adalah berita yang cepat menyebar dan mampu mempengaruhi.
Pemanfaatan Hasil Akreditasi Manajemen Madrasah Berprestasi, Mandiri, Islami dan Berdaya Saing Global (Studi di MAN Insan Cendikia Serpong) Emmi Kholilah Harahap
Jurnal Literasiologi Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v1i1.13

Abstract

Penelitan ini berjudul Manajemen Madrasah Berprestasi, Mandiri, Islami Dan Berdaya Saing Global (studi di MAN Insan Cendikia Serpong). MAN Insan Cendikia Serpong sangat memperhatikan mutu layanan belajar bagi siswa dengan maksimal, mutu mengajar guru, kelancaran layanan belajar, kenyamanan ruang belajar serta sarana prasarana lain, kesempatan dalam menggunakan fasilitas serta layanan madrasah, budaya madrasah dan adanya dukungan dari masyarakat. MAN Insan Cendikia Serpong, dalam mengembangkan dan meningkatkan prestasi madrasah tidak lepas dari berbagai strategi, misalnya melakukan seleksi ketat dalam penerimaan mahasiswa baru yaitu dengan tes psikologi, tes potensial akademik, tes kesehatan dan wawancara, mengembangkan proses pembelajaran yang diarahkan pada penguasaan “basic knowledge of science and technology” dan “leadership life skill” atas dasar “asah, asuh, asih dan ajrih”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa manajemen madrasah dapat menjadikan madrasah yang berprestasi, mandiri, islami dan berdaya saing global, untuk mengetahui manajemen madrasah di MAN Insan Cendikia Serpong dan untuk mengetahui bagaimana madrasah yang menjadikan MAN Insan Cendikia Serpong madrasah yang berprestasi, mandiri, islami dan berdaya saing global. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif untuk menguraikan, menggambarkan, menggali dan mendiskripsikan secara mendalam bagaimana manajemen madrasah di MAN Insan Cendikia Serpong, sehingga menjadikan madrasah yang berprestasi, Mandiri, islami dan berdaya saing global. Hasil penelitian menunjukkan kerja keras yang dilakukan seluruh warga MAN Insan Cendikia Serpong dalam menghantarkan peserta didik menjadi insan berprestasi, Mandiri, islami dan berdaya saing global dapat dilihat dari keefektipan dalam semua perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang berlangsung di MAN Insan Cendikia Serpong. Keefektipan ini dapat dilihat dari tiga aspek yaitu: (1) MAN Insan Cendikia Serpong dalam mengembangkan mutu pendidikan. (2) MAN Insan Cendikia Serpong dalam Menerapkan manajemen Madrasah. (3) MAN Insan Cendikia Serpong dalam Pengoptimalan Fungsi Organisasi Kelembagaan
M MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 7 MERANGIN Darsiah Darsiah
Jurnal Literasiologi Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v1i1.14

Abstract

Manajemen sarana dan prasarana pendidikan di sekolah direncanakan oleh kepala sekolah, seorang manajer dapat membuat suatu perencanaan yang tepat dan dapat melaksanakan program-program sarana dan prasarana di sekolah khususnya di SMA Negeri 7 Merangin. Pengadaan sarana dan prasarana pendidikan adalah suatu upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah, dan memelihara sarana dan prasarana pendidikan dengan baik. Upaya kepala sekolah yang lain untuk meningkatkan sarana dan prasarana SMA Negeri 7 Merangin adalah berkoordinasi dengan komite sekolah. Untuk melengkapi sarana dan prasarana kepala sekolah perlu mengadakan hubungan yang baik dengan komite sekolah. Dengan melakukan hubungan yang baik dengan komite sekolah, pihak sekolah dengan mudah memperoleh sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh sekolah guna meningkatkan berbagai kegiatan yang ada di sekolah.
PERAN TOKOH AGAMA DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI KELURAHAN KEMBANG PASEBAN KECAMATAN MERSAM KABUPATEN BATANGHARI Madyan yan
Jurnal Literasiologi Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47783/literasiologi.v1i1.15

Abstract

Berbagai macam masalah dalam masyarakat yang seringkali ditimbulkan oleh remaja, karena remaja merupakan bagian dari masyarakat yang tidak dapat dipisahkan yang sangat menentukan terhadap kemajuan dan masa depan suatu daerah, oleh karena itu remaja sangat perlu pembinaan baik dari segi jasmani maupun rohani. Remaja adalah bagian dari kelompok masyarakat. Remaja memiliki dimensi yang unik, dimana pada umumnya remaja adalah dunia yang sedang mencari jati diri, mencari bentuk yang cocok. Keinginan mencontoh, mencontek sangat tinggi. Karenanya keterbukaan informasi menjadi makanan yang menyenangkan bagi mereka. Sebab hal ini mempermudah bagi mereka untuk mencari pantauan.Mempersiapkan generasi muda para remaja untuk ikut serta dalam perjuangan bangsa dan pembangunan nasional dengan memberikan belajar kepada remaja, kesehatan jasmani dan rohani, berkepribadian dan berbudi luhur dengan menciptakan iklim yang sehat dan kreatifitas generasi muda berkembang secara wajar, bertanggung jawab untuk dapat melibatkan dalam proses kehidupan berbangsa serta pelaksanaan pembangunan nasional dengan mengadakan kegiatan serta sarana yang memungkinkan, sehingga anak remaja mampu dalam menghadapi setiap masalah yang timbul.Oleh sebab itu remaja sangar perlu sekali pembinaan terhadap pribadinya dengan memberikan pendidikan agama. Untuk tercapainya kesemua itu tidak terlepas dari kerja sama orang tua dan para pendidik serta masyarakat agar kesemuanya itu dapat terlaksana dengan baik, agar tujuan yang kita harapkan dapat tercapai, sangat perlu adanya strategi yang dapat membina remaja agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Page 1 of 32 | Total Record : 315