Jurnal Literasiologi
Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Literasiologi

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK DENGAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN TK NEGERI PEMBINA 1 JAMBI

Sumiati Sumiati (Guru Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 1 Kota Jambi)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa pada anak melalui metode bercerita dengan boneka tangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B. Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Pembina 1 Jambi. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat kali pertemuan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui metode observasi/catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan cara triangulasi dengan mencari data dari berbagai sumber data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berbahasa anak menggunkaan metode ini. Peningkatan kemampuan berbahasa anak dapat dilihat dengan membandingkan hasil observasi yaitu sebelum pelaksanaan sebesar 30%, setelah siklus I 60% dan setelah siklus II mencapai 85%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui metode bercerita dengan gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok B TK Negeri Pembina 1 Jambi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...