(PEJ) Primary Education Journal
Vol. 3 No. 1 (2019)

PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK PENGUATAN KARAKTER MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN STS JAMBI

Mursyid Mursyid (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kevalidan, kepraktisan dan kemenarikan untuk produk pengembangan buku ajar mata kuliah bahasa indonesia berbasis pembelajaran kooperatif untuk penguatan karakter mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN STS JAMBI disusun kedalam bentuk buku ajar. Langkah – langkah yang dilakukan dalam penelitian ini mengikuti langkah – langkah Model Dick, Carrey & Carrey (2009) yang disederhanakan menjadi sembilan dari sepuluh langkah yang ada. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi ahlim angket kepraktisan dari teman sejawat dan uji kemenarikan dari mahasiswa. Dari hasil uji kelayakan produk pengembangan pada hasil uji validasi ahli mendapat skor presentase sebesar 84,62%, produk yang sudah dikembangkan sangat layak untuk digunakan. Uji kepraktisan berdasarkan hasil tanggapan dosen terhadap modul belajar sebesar 91 %, produk yang dikembangkan masuk dalan kategori kriteria digunakan tanpa revisi. Pada uji kepraktisan melalui tanggapan perserta didik diperoleh hasil dengan presentase rata-rata sebesar 75,16%, hasil tersebut berada pada tingkat kualifikasi layak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education ...