ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok terhadap interaksi sosial siswa kelas XI IPS 3 Di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Sampel penelitian ini sebanyak 8 orang siswa dari XI IPS 3 di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan layanan konseling kelompok terhadap interaksi sosial siswa. Hasil dari perhitungan uji Wilcoxon dengan nilai Z -2,524 dengan taraf signifikansi 0,012 < 0,05. Artinya, terdapat pengaruh layanan konseling kelompok terhadap interaksi sosial siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Kata kunci : interaksi sosial siswa, konseling kelompok
Copyrights © 2019