cover
Contact Name
Yessy Elita
Contact Email
Yessyelita@unib.ac.id
Phone
+6281215322175
Journal Mail Official
Yessyelita@unib.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
CONSILIA
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25991221     EISSN : 26205343     DOI : https://doi.org/10.33369/consilia
Core Subject : Education,
Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan November dalam versi cetak dengan p-ISSN 2599-1221 dan versi online dengan nomor e-ISSN 2620-5343.
Articles 151 Documents
PENGARUH RAGAM KONSELI SUKARELA TERHADAP KEBERHASILAN PENINGKATAN MUTU AKADEMIK PESERTA DIDIK SMP MA’ARIF 5 KOTA METRO Andika Ari Saputra; Rizky Hidayatullah Hidayatullah; Muhyidin Thohir Thohir
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.2.106-116

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ragam konseli sukarela dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling oleh guru bimbingan dan konseling terhadap peningkatan mutu akademik peserta didik SMP Ma’arif 5 Kota Metro. Pemberian layanan bimbingan dan konseling kepada peserta didik diharapakan dapat memandirikan peserta didik dan memiliki sikap kesukarelaan dalam mengikuti pelayanan bimbingan dan konseling, sehingga dapat meningkatkan mutu akademik atau prestasi. Metode penelitian ini menggunakan survey dengan prosedur untuk memecahkan suatu penelitian. Penelitian adalah kegiatan ilmiah yang dilaksanakan melalui metode penelitian dapat diartikan juga sebagai cara untuk mengungkapkan gejala alam, sosial dalam kehidupan yang terjadi pada individu, serta dapat mempergunakan prosedur kerja sistematis, teratur, tertib, dan dapat dipertanggungjawabkan dengan secara ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian layanan bimbingan dan konseling dalam rangka peningkatan mutu akademik di sekolah sangat berpengaruh terhadap keaktifan dan kesukarelaan peserta didik agar mandiri dalam belajar. Mutu akademik di sekolah sangat mempengaruhi kualitas belajar peserta didik dan profesional guru dalam mengajar.
PENINGKATAN KREATIVITAS DALAM MERINGKAS MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII.4 DI SMP NEGERI 04 KOTA BENGKULU Riska Widya Andesma; Hadiwinarto Hadiwinarto
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.2.146-154

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan penguasaan konten dengan metode mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dalam meringkas pada siswa kelas VII.4 di SMP Negeri 04 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian Time Series Design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, lembar portofolio dan dokumentasi. Data dianalisis dengan rubrik kreativitas siswa dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap kreativitas dalam meringkas siswa melalui layanan penguasaan konten dengan metode mind mapping, dengan nilai t = -4.116 dan sig. 0,003 (p < 0,05). Maka dapat disimpulkan ada peningkatan kreativitas dalam meringkas melalui layanan penguasaan konten dengan metode mind mapping pada siswa kelas VII.4 di SMP Negeri 04 Kota Bengkulu.Kata Kunci : kreativitas dalam meringkas, layanan penguasaan konten, mind mapping.
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT UNTUK MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VIII 8 SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU egy guntara; Illawaty Sulian
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.2.117-125

Abstract

 ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik behavior contract terhadap perilaku agresif pada siswa SMP N 08 Kota Bengkulu. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen the one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 8 SMP N 08 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 siswa. Sampel menggunakan teknik purposive samping. Jumlah sampel adalah 6 siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku agresif  menurun setelah diberikan layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukan dengan nilai t= 5.874 dengan taraf signifikasi (2-tailed) sebesar .002 yang berarti 000<0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok untuk menurunkan perilaku agresif siswa SMP N 08 Kota Bengkulu.Kata kunci: Konseling Kelompok, Behavior Contract, Perilaku Agresif
EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF INSTRUCTION DALAM MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII 5 DI SMP NEGERI 04 KOTA BENGKULU Ulfah Faridah; Arsyadani Mishbahuddin
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.2.155-162

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self instruction dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pre test-post test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Sample menggunakan purposive sampling dengan jumlah subjek 10 orang. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kejenuhan belajar siswa mengikuti layanan bimbingan kelompok menurun dengan teknik self instruction, hal ini ditunjukkan dengan nilai t = 5,470 dengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh efektivitas layanan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self instruction dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas VIII 5 di SMP Negeri 04 Kota Bengkulu.Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Kejenuhan Belajar
HUBUNGAN MANAJEMEN WAKTU DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI Eunike Yulita Simaremare
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.2.136-145

Abstract

Regulasi diri dalam belajar merupakan hal yang sangat penting bagi mahasiswa dalam proses belajar. Manajemen waktu merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen waktu dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Malahayati. Subjek penelitian berjumlah 123 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Regulasi diri dalam belajar diukur dengan skala Motivated Strategies for Learning Quetionnaire (MSLQ). Skala ini mempunyai 36 item valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,897. Sedangkan manajemen waktu diukur dengan skala Time Management Questionnaire (TMQ). Skala ini mempunyai 16 item valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,85. Uji korelasi menggunakan teknik korelasi product moment yang dikerjakan menggunakan bantuan program SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara manajemen waktu dengan regulasi diri dalam belajar. Korelasi antara manajemen waktu dengan regulasi diri dalam belajar diperoleh koefisien r = 0,519 dengan signifikansi atau p = 0,000.  Hal tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara manajemen waktu dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati.
HUBUNGAN ANTARA INTERNALISASI NILAI-NILAI BUDAYA MINANGKABAU DAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI DENGAN PENGELOLAAN EMOSI SISWA SMAN 1 PANCUNG SOAL Andika Darma Putra; Arsyadani Mishbahuddin
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.1.73-83

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hubungan antara internalisasi nilai-nilai budaya minangkabau dan kemampuan bersosialisasi dengan pengelolaan emosi siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert yang menggunakan rentang 1 sampai 4. Sampel penelitian adalah siswa Kelas XI SMAN 1 Pancung Soal. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasi dengan desain korelasi ganda. Berdasarkan analisis diperoleh nilai korelasi ganda rX12Y = 0,988 dengan p=0,000 < ? (0,05) maka kesimpulannya terdapat hubungan yang signifikan antara internalisasi nilai-nilai budaya minangkabau dan kemampuan bersosialisasi dengan pengelolaan emosi, dengan nilai positif yang artinya jika internalisasi nilai-nilai budaya minangkabau baik dan kemampuan bersosialisasi baik maka pengelolaan emosi baik.Kata kunci: Internalisasi nilai-nilai budaya minangkabau, kemampuan bersosialisasi, pengelolaan emosiTHE RELATIONSHIP BETWEEN INTERNALIZATION OF MINANGKABAU CULTURAL VALUES AND THE ABILITY TO SOCIALIZE WITH EMOTIONAL MANAGEMENT OF STUNDENT OF SMAN 1 PANCUNG SOALABSTRACTThis study aims to determine the relationship between the internalization of Minangkabau cultural values and the ability to socialize with the emotional management. The data collection method uses a Likert scale that uses a range of 1 to 4. The research sample is Class XI students of SMAN 1 Pancung Problem. The sampling technique uses random sampling. The method used in this study is the quantitative correlation method with multiple correlation designs. Based on the analysis, it is obtained that the double correlation value of rX12Y = 0.988 with p = 0.000 <? (0.05), the conclusion is that there is a significant relationship between internalization of Minangkabau cultural values and the ability to socialize with emotional management, with positive values, which means if internalizing values good Minangkabau culture and good social skills then good emotional management.Keywords: Internalization of Minangkabau Cultural Values, The Ability To Socialisze, Emotional Management.
pengaruh layanan informasi dengan media teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap pemahaman siswa tentang dampak perilaku seks bebas pada siswa kelas VIII 4 di SMP N 3 Kota Bengkulu Sinlin Sinlin; I Wayan Dharmayana; Vira Afriyati
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.2.173-181

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan informasi dengan media teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap pemahaman siswa tentang dampak perilaku seks bebas  pada siswa kelas VIII 4 di SMP N 3 Kota Bengkulu. Peneliti ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitia ini menggunakan teknik purposive sampling dengan Desain penelitian one group pretest dan posttest design, dengan Sampel penelitian berjumlah 31 orang dari kelas VIII 4 tahun ajaran 2019/2020 yang memiliki pemahaman tentang dampak perilaku seks bebas dalam kategori sedang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket pemahaman tentang dampak perilaku seks bebas. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui  terdapat peningkatan pemahaman siswa tentang dampak perilaku seks bebas dengan layanan informasi. Hasil analisis data pretest pada siswa setelah diberikan layanan informasi dengan menggunakan uji t paired sampel test. Dengan nilai t = -23,826 (p< 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara layanan informasi dengan media teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap pemahaman siswa tentang dampak perilaku seks bebas di SMP N 3 Kota Bengkulu.Kata kunci : Layanan informasi, Pemahaman, Bahaya seks bebas THE EFFECT OF INFORMATION SERVICE WITH INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY MEDIA ON STUDENTS 'UNDERSTANDING ON THE IMPACT OF FREE SEX BEHAVIORIN CLASS VIII 4 STUDENTS IN SMP N 3BENGKULU CITY ABSTRACT This study aims to describe the effect of information services with information and communication technology (ICT) media on students' understanding of the impact of free sex behavior on grade VIII 4 students at SMP N 3 Bengkulu City. This research uses quantitative methods. This type of research uses a purposive sampling technique with one group pretest and posttest design research design, with a sample of 31 people from class VIII 4 in 2019/2020 academic year who have an understanding of the impact of free sex in the medium category. Data collection techniques in this study used a questionnaire of understanding about the effects of free sex. Based on the results of the study, it was found that there was an increase in students' understanding of the impact of free sex behavior with information services. The results of the analysis of pretest data on students after being provided with information services using paired sample t test. With a value of t = -23.826 (p <0.05). Then it can be concluded that there is an influence between information services and information and communication technology (ICT) media on students' understanding of the effects of free sex in SMP N 3 Bengkulu City. Keywords: Information services, Understanding, Dangers of free sex
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MANAJEMEN DIRI UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE SISWA KELAS VIII C SMP N 17 KOTA BENGKULU Anugrah Adedo Putra; Syahriman Syahriman
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 3 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.3.262-270

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen diri untuk mengurangi kecanduan bermain game online pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test postest. Subjek penelitian ini sebanyak 28 siswa kelas VIII C SMP Negeri 17 Kota Bengkulu diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kecanduan bermain game online. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukan adanya penurunan kecanduan bermain game online setelah digunakan layanan konseling kelompok. Hal ini ditunjukan dari hasil perhitungan uji t, dengan nilai t = 6.069 dengan tingkat signifikaansi p = 0,084 maka p< 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik manajemen diri untuk mengurangi kecanduan bermain game online siswa kelas VIII C SMP N 17 Kota Bengkulu.Kata kunci: layanan konseling kelompok, teknik manajemen diri, kecanduan bermain game online.
PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU Windi Afrizal; Vira Afriyati
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.2.190-198

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik modelling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VII F SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest dan postest. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dimana sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 11 kota Bengkulu. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pengaruh layanan penguasaan konten terhadap kedisiplinan siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotetis dengan hasil uji t -17.988, nilai sig sebesar 0,000 (<0,005) maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan, terdapat pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik modelling terhadap kedisiplinan siswa.Kata kunci : Layanan Penguasaan Konten, Kedisiplinan
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE THERAPY DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA BROKEN HOME DI SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU nurmarisyah luciana; Syahriman Syahriman; Vira Afriyati
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.1.64-72

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui layanan konseling kelompok dengan teknik rational emotive therapy di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa dari kelas VIII 2 yang memiliki tingkat minat belajar yang rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan minat belajar siswa menjadi meningkat diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik rational emotive therapy, hal ini terlihat dari hasil pre-test dan post-test p = .027 maka p < 0.05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik rational emotive therapy.Kata kunci: minat belajar, layanan konseling kelompok, broken home

Page 1 of 16 | Total Record : 151