cover
Contact Name
Yessy Elita
Contact Email
Yessyelita@unib.ac.id
Phone
+6281215322175
Journal Mail Official
Yessyelita@unib.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
CONSILIA
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25991221     EISSN : 26205343     DOI : https://doi.org/10.33369/consilia
Core Subject : Education,
Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan November dalam versi cetak dengan p-ISSN 2599-1221 dan versi online dengan nomor e-ISSN 2620-5343.
Articles 152 Documents
HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANG-TUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA PELAKU BULLYING SMP KOTA BENGKULU Dia Hirwin Juwita; Wasidi Wasidi; Illawaty Sulian
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.434 KB) | DOI: 10.33369/consilia.1.1.79-87

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang-tua dengan kecerdasan emosional pada siswa pelaku bullying di kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel  32 siswa pelaku bullying. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rxy = 0,605 dengan p=0,000 (p<0,05) yang berarti Ho ditolak. Artinya terdapat hubungan yang positif antara bimbingan orang-tua dengan kecerdasan emosional pada siswa pelaku bullying di kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Kata kunci: bullying, bimbingan orang-tua, kecerdasan emosional
BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK BINAAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG Amalia Sari; Hadi Winarto; Syahriman Syahel
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.093 KB) | DOI: 10.33369/consilia.1.1.1-9

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap interaksi sosial anak binaan di Lapas Klas II A Curup. Penelitian ini adalah pra eksperiment pretest-posttest control group desaign.  Subjek penelitian sebanyak 20 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 10 orang kelompok eksperiment dan 10 orang kelompok kontrol, menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam interaksi sosial pada anak binaan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan rata-rata peningkatan skor sebesar 59,2. Hasil perhitungan uji Wilcoxon dengan nilai z -2,807 dengan taraf signifikansi 0,005 < 0,05. Artinya layanan bimbingan kelompok dapat mempengaruhi interaksi sosial anak binaan.Kata kunci: interaksi sosial, bimbingan kelompok
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA BENGKULU Rini Juita; Pudji Hartuti; Arsyadani Mishbahuddin
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.934 KB) | DOI: 10.33369/consilia.1.2.58-66

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis desain one group pre-test dan post-test, yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum melaksanakan konseling kelompok dan setelah melaksanakan konseling kelompok. Sampel penelitian adalah 10 orang siswa, yang terdiri 8 orang siswa yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal pada kategori rendah, dan dua (2) orang siswa pada kategori sedang. Teknik yang digunakan dalam penelian ini adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Skala Likert yaitu skala kemampuan komunikasi interpersonal. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan rumus Wilcoxon (uji Z), menggunakan SPSS 21. Hasilnya diperoleh 0.001 (p<0.05), sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok terhadap peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Kata kunci: kemampuan komunikasi interpersonal, layanan konseling kelompok  
BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA MENINGKATKAN REGULASI EMOSI PADA SISWA SMA DI KOTA BENGKULU Aisyah Lubis; Yessy Elita; Vira Afriyati
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.248 KB) | DOI: 10.33369/consilia.1.1.43-51

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap regulasi emosi dalam interaksi siswa dengan teman sebaya. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan Pre Experimental Design. Alternatif pendekatan yang digunakan adalah the one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 3 Kota Bengkulu yang berjumlah 34 siswa. Sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel adalah 10 siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi emosi meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, hal ini ditunjukkan dengan nilai z = -2.803a dengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0.005 yang berarti 0.005<0.05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan regulasi emosi dalam interaksi dengan teman sebaya siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 3 Kota Bengkulu.Kata kunci: bimbingan kelompok, sosiodrama, regulasi emosi, teman
STUDI DESKRIPTIF INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA S1 JURUSAN ILMU PENDIDIKAN BERDASARKAN KETERLIBATAN ORGANISASI KEMAHASISWAAN DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS BENGKULU Prita Dwi Astuti; Hadiwinarto Hadiwinarto; Afifatus Sholihah
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.598 KB) | DOI: 10.33369/consilia.1.2.20-28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi sosial mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Pendidikan berdasarkan keterlibatan dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik simple random sampling  sehingga didapat sampel sebanyak 158 mahasiswa. Data diperoleh melalui pemberian angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan perhitungan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa interaksi sosial mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Pendidikan berdasarkan keterlibatan dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan di FKIP Universitas Bengkulu, menunjukan bahwa 2% mahasiswa memiliki tingkat keterlibatan organisasi yang sangat tinggi, tingkat keterlibatan organisasi tinggi mayoritas memiliki tingkat interaksi sosial yang tinggi pula dengan persentase 56% sedangkan tingkat keterlibatan organisasi rendah mayoritas memiliki tingkat interaksi sosial yang rendah pula dengan persentase 44%, selain itu terdapat 1% mahasiswa dengan tingkat keterlibatan organisasi sangat rendah.Kata kunci: interaksi sosial, keterlibatan organisasi kemahasiswaan
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPRIBADIAN SISWA SMA DI KOTA BENGKULU Anggraini Anggraini; Pudji Hartuti; afifatus sholihah
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.444 KB) | DOI: 10.33369/consilia.1.1.10-18

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan pola asuh orang-tua dengan kepribadian peserta didik kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Sampel penelitian berjumlah 48 orang siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling dari seluruh kelas XI IPS. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket pola asuh orang-tua dan angket kepribadian. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh orang-tua yang dimiliki siswa termasuk ke dalam kategori sedang dengan persentasi 77,08% dan kepribadian yang dimiliki juga termasuk ke dalam kategori sedang dengan persentasi 93,75%. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara pola asuh orang-tua dengan kepribadian rxy sebesar 0,466 dengan taraf signifikan sebesar 0,001 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubunga positif pola asuh orang-tua dengan kepribadian.Kata kunci: pola asuh, orang-tua, kepribadian
PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING TERHADAP KEMAMPUAN ASERTIVITAS SISWA SMPN KOTA BENGKULU Rizki Mutia Faradita; Yessy Elita; Rita Sinthia
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.807 KB) | DOI: 10.33369/consilia.1.2.49-57

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik assertive training terhadap kemampuan asertivitas siswa di SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-testdesign. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa dari kelas VIII 8 yang memiliki kemampuan asertivitas rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil uji statistik menggunakan uji z menunjukkan kemampuan asertivitas meningkat setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training, hal ini ditunjukkan dengan nilai z = -2.803dengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar  0.005 yang berarti 0.005< 0.05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan kemampuan asertivitas siswa diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training. Kata kunci: kemampuan asertivitas, layanan konseling kelompok, assertive training
HUBUNGAN KOMPETENSI KONTROL DIRI TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESIF SISWA SMK BENGKULU UTARA Retno Purwasih; I Wayan Dharmayana; Illawaty Sulian
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.969 KB) | DOI: 10.33369/consilia.1.1.52-59

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten terhadap kontrol diri dan pengaruh tingkat kontrol diri terhadap kecenderungan perilaku agresif siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 07 Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen. Subjek penelitian adalah XI teknik Sepeda Motor yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala kontrol diri dan skala perilaku agresif. Teknik analisis data yang digunakan adalah paired sample t test dananalisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh layanan penguasaan konten terhadap kontrol diri. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa taraf signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 (p<0,05) sehingga Ho ditolak. Dengan demikian kontrol diri meningkat melalui layanan penguasaan konten. Hasil analisis regresi menunjukkan signifikansi 0,010 (p<0,05). Nilai R Square yang diperoleh sebesar 0,317, ini berarti bahwa kontrol diri memiliki kontribusi sebesar 31,7% terhadap perilaku agresif siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) SMK Negeri 07 Bengkulu Utara. Kata kunci: kompetensi kontrol diri, perilaku agresif, layanan penguasaan konten
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMATANGAN EMOSI SISWA IPS SMAN KOTA BENGKULU Bayu Anggara Saputra; Hadiwinarto Hadiwinarto; Syahriman Syahel
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.101 KB) | DOI: 10.33369/consilia.1.2.11-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kematangan emosi siswa kelas XI IPS D SMA Negeri 06 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan one- group pre-test post-test desain. Sampel pada penelitian ini sebanyak 10 orang siswa kelas XI IPS D SMA Negeri 06 Kota Bengkulu dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kematangan emosi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok dengan peningkatan kematangan emosi. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan tingkat kematangan emosi (Z=-2.805, maka p<0,05), sehingga ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok berpengaruh dalam kematangan emosi siswa kelas XI IPS D SMA Negeri 06 Kota Bengkulu. Kata kunci: kematangan emosi, bimbingan kelompok
LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK MODELING TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP DI KOTA BENGKULU Bernadine Lorena Yanwar; I Wayan Dharmayana; Vira Afriyati
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.612 KB) | DOI: 10.33369/consilia.1.1.19-25

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten dengan menggunakan teknik pemodelan terhadap kecerdasan emosional siswa. Desain menggunakan one group pre-test post test design. Sampel terdiri atas tiga puluh siswa kelas VIII C kota SMP Negeri 11 Bengkulu. Instrumennya adalah kuesioner, Uji-coba menghasilkan 73 item dengan ? = 0,89 (‘sangat tinggi’). Pada  pre-test, rerata kecerdasan emosional siswa adalah 168,26 ('sedang'). Perlakuan terdiri atas penjelasan, praktik dan kegiatan tambahan selama 5 pertemuan. Pada post test, reratanta adalah 195,42 ('tinggi'). Uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan bahwa t = -27.161 (p <0,05). Dengan demikian, H0 ditolak sementara H1 diterima. Artinya ada pengaruh signifikan layanan penguasaan konten dengan menggunakan teknik pemodelan pada kecerdasan emosional siswa kelas VIII C SMP Negeri 11 Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan sejumlah implikasi terhadap teori dan praktik.Kata kunci: layanan penguasaan konten, teknik modeling, kecerdasan emosional

Page 1 of 16 | Total Record : 152