Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial
Vol 28, No 1 (2019)

Pengembangan Sintaks Simulasi dalam Pembelajaran Ekonomi Berorientasi pada Pendidikan Karakter

Amri, Fahimul (Unknown)
Djatmika, Ery Tri (Unknown)
Wahyono, Hari (Unknown)
Widjaja, Sri Umi Mintarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sintaks atau langkah-langkah simulasi dalam pembelajaran ekonomi yang berorientasi pada pendidikan karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian  ini  adalah menggunakan pendekatan Design-Based  research (DBR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prototype atau desain sintaks simulasi pembelajaran ekonomi memuat langkah-langkah, aturan, peran, kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk kasus-kasus, keputusan yang ditentukan, tujuan dari kegiatan dan pemeranan simulasi, dan nilai-nilai karakter yang dikembangkan, (2) sintaks simulasi berdasarkan penilaian dari ahli, guru dan, siswa valid dan layak diterapkan dalam pembelajaran, (3) masih ada beberapa kelemahan dalam sintaks simulasi dan juga pelaksanaannya di lapangan. rekomendasi diberikan kepada guru agar dapat melaksanakan pembelajaran ekonomi dengan menggunakan simulasi. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpis

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JPIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (English: Journal of Social Sciences Education)) publishes high-quality manuscripts on research in the fields of social science education and social sciences. As for those included in the social science family is Geography, History, Sociology, Economics and ...