Southeast Asian Journal of Islamic Education
Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol. 1(2), 2019

Partisipasi Masyarakat dalam Gerakan Kelas Inspirasi

Nuryanto, Sidik (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2019

Abstract

Profesi atau cita-cita adalah hal yang ingin dicapai seseorang setelah mendapatkan pendidikan. Saat ini masih banyak anak yang tidak tahu kapan mereka bekerja sebesar cita-citanya itu. Indonesia Mengajar hadir dengan salah satu tujuannya untuk memperkenalkan jenis profesi yang ada. Gerakan ini mengundang para profesional yang sukses untuk turun tangan dalam berbagi cerita dan pengalaman kerja selama sehari di Hari Inspirasi. Begitu kutipan kalimat yang terdapat pada gerakan Indonesia mengajar.Kelas inspirasi adalah salah satu bagian dari program Indonesia Mengajar, mengundang para pemimpin profesional di bidangnya untuk berbagi pengalaman mereka tentang profesi mereka dan berbagi cerita tentang pengalaman mereka di tingkat sekolah dasar selama satu hari. Kelas inspirasi adalah manifestasi dari partisipasi masyarakat dalam mendukung keberhasilan pendidikan di Indonesia. Pendidikan tidak hanya mendominasi dengan pencapaian nilai-nilai kognitif, tetapi juga perlu membekali anak-anak dengan berbagai nilai dan keterampilan untuk menjadi bekal kehidupan masa depan mereka. Partisipasi masyarakat berarti tindakan yang mengambil bagian atau berpartisipasi dalam proses pendidikan. Ini dapat dilakukan dengan melibatkan mental dan emosional untuk berkontribusi pada pendidikan. Sumbangsih tidak harus materi, tetapi segala sesuatu yang dapat mendukung kesuksesan pendidikan dapat diberikan. Dengan partisipasi masyarakat terhadap pendidikan, ini menyiratkan bahwa pendidikan adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya guru.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

SAJIE

Publisher

Subject

Education

Description

Southeast Asian Journal of Islamic Education (Online - ISSN: 2621-5861, Print - ISSN: 2621-5845) is an Islamic Education Journal published by Faculty of Education and Teacher Training of IAIN Samarinda, Indonesia. It is a peer-reviewed journal of Islamic Education, including: Teaching and Learning, ...